Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Hasil Survei Indo Barometer, Kamil dan Dedy Tempati Posisi Dua Teratas

"Berdasarkan pertanyaan tertutup terhadap 4 nama calon gubernur, Mochamad Ridwan Kamil unggul dengan dukungan 37,5 persen. Disusul Deddy Mizwar."

Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Hasil Survei Indo Barometer, Kamil dan Dedy Tempati Posisi Dua Teratas
Priyombodo
Ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Lembaga survei Indo Barometer merilis hasil survei terbaru mengenai Pilkada Jawa Barat.

Hasil survei pilgub Jabar tahun 2018 ini didasarkan kepada riset yang dilakukan tanggal 20-26 Maret 2018 yang menempatkan Ridwan Kamil di posisi tertinggi.

Baca: Dewan Desak Pemeritah Segera Cairkan Anggaran Pembangunan Gedung Baru DPR

"Berdasarkan pertanyaan tertutup terhadap 4 nama calon gubernur, Mochamad Ridwan Kamil unggul dengan dukungan 37,5 persen. Disusul Deddy Mizwar 30,8 persen. Kemudian Sudrajat 5,4 persen, dan Hasanuddin 3,2 persen. Pemilih yang menyatakan tidak akan memilih/rahasia/belum memutuskan/tidak tahu/tidak jawab 23,1 persen," ucap Direktur Eksekutif Indobarometer, Qodari di Jakarta, Kamis (19/4/2018).

Sementara itu, untuk paslon, menurut dia, berdasarkan pertanyaan terbuka, pasangan Mochamad Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum meraih 17,7 persen, pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi 13,4 persen, pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu 3,3 persen, dan pasangan Hasanuddin Anton Charliyan 0,5 persen. Pasangan lainnya (14,1 persen. Tidak tahu/tidak jawab 51 persen.

Peneliti Indo Barometer, Hadi Suprapto Rusli mengatakan, mayoritas masyarakat memilih Ridwan Kamil karena dianggap lebih dekat dengan dengan rakyat sebanyak 18.5%, kinerjanya bagus (mampu bekerja) sebanyak 12.8%, orangnya tegas sebanyak 9.9%, berpengalaman sebanyak 9.6% dan pintar/intelektual sebanyak 7.9%.

Sementara untuk calon wakil gubernur, berdasarkan pertanyaan tertutup terhadap 4 nama calon wakil gubernur, Uu Ruzhanul Ulum memperoleh dukungan sebanyak 24,7%, sebanding dengan perolehan Dedi Mulyadi, disusul Ahmad Syaikhu (5.3%), dan Anton Charliyan (2%).

BERITA TERKAIT

Sementara yang menyatakan tidak akan memilih/rahasia/belum memutuskan/tidak tahu/tidak jawab (43.6%).

Survei ini dilakukan dengan menggunakan metode multistage random sampling dengan 1.200 responden.

Margin of error sebesar 2,83%, pada tingkat kepercayaan 95%. Sementara teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara tatap muka responden menggunakan kuesioner.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas