Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Gampang Mendaftar, Ternyata Ini Untungnya UMKM Jualan Online

UMKM Go Online memang sudah lama digalangkan pemerintah Jokowi demi menjadikan Indonesia sebagai The Digital Energy of Asia.

Editor: Content Writer

UMKM Go Online memang sudah lama digalangkan pemerintah Jokowi demi menjadikan Indonesia sebagai The Digital Energy of Asia. Program ini dirasa semakin krusial jika melihat baru 9 persen dari 59,3 juta pelaku UMKM Indonesia yang baru berjualan secara online.

Padahal Go online itu Gampang dan tak sulit untuk dilakukan. Apalagi kini banyak Marketplace yang berkomitmen untuk mendukung gerakan Go Online sehingga memberikan kemudahan-kemudahan untuk para pelaku UMKM.

Misal saja jika lewat marketplace seperti Blanja.com, BliBli.com, Bukalapak, Lazada, Shopee, dan Tokopedia, para pelaku UMKM hanya perlu mendaftarkan diri mereka secara mudah dan cepat sesuai persyaratan dari marketplace di atas.

Tawarkan Banyak Keuntungan

Rasa ragu para pelaku UMKM yang belum Go Online sepertinya tak perlu dikhawatirkan sebab menurut Staf Khusus Menkominfo Bidang Program Prioritas dan Digital Ekonomi, Lis Sustiaji menuturkan para marketplace telah membuat sistem terbaik yang memanfaatkan teknologi terkini.

Jadi diupayakan tidak ada kesalahan pada saat penjualan produk ataupun sistem keuangan.  

"Jadi UMKM gak usah takut lagi apakah ini aman ataukah tidak aman, semuanya ini sudah disiapkan oleh mereka teknologi untuk melindungi itu semua, sistem pembayaran sudah aman," ujar Lis Sustiaji di Thamrin City, Jakarta Pusat, Selasa (24/4/2018).

BERITA REKOMENDASI

Tak hanya itu, ternyata berjualan secara Go Online ini memiliki banyak keuntungan.

Pertama, para pelaku UMKM bisa mendapatkan pasar lebih luas tanpa terbatasi letak geografis bahkan hingga ke mancanegara.

Kedua, Go Online itu murah/gratis sebab biaya yang dikeluarkan cukup minim dan para pelaku UMKM hanya perlu menyediakan biaya produksi dan penyewaan tempat untuk menyimpan produk yang akan dijualkan.

Bahkan, biaya akan semakin berkurang jika para pelaku UMKM memanfaatkan rumah mereka sendiri dalam melaksanakan tahapan produksi dan penyimpanan produk usaha.

Ketiga, Go Online itu sangatlah mudah dan praktis. Sebab hanya dengan bermodalkan perangkat PC/Laptop berserta koneksi internet, para pelaku UMKM bisa langsung berjualan.

Tak hanya itu, waktu operasional usaha pun bisa ditentukan sesuai keinginan tanpa perlu terpatok pada jam kerja.

Jadi tunggu apalagi, bagi para pelaku UMKM segeralah daftarkan diri Anda dan rasakan manfaat serta keuntungan berlipat ganda lewat usaha secara online. (*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas