Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kereta 'Sleeper' Besutan PT INKA Jadi Angkutan Mudik Tahun Ini

Kereta api sleeper ini bukan kereta api biasa. Setiap gerbongnya hanya akan berisi 18 kursi laiknya kursi pesawat kelas bisnis.

Editor: Fajar Anjungroso
zoom-in Kereta 'Sleeper' Besutan PT INKA Jadi Angkutan Mudik Tahun Ini
TRIBUN JABAR/TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
KESIAPAN DAOP 2 - Penumpang mengisi kursi di gerbong kereta Argo Parahyangan tujuan Jakarta di Stasiun Bandung, Jalan Kebon Kawung, Kota bandung, Jumat (25/11/2016). Menghadapi musim liburan Natal 2016 dan Tahun Baru 2017 PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasional (Daop) 2 Bandung menyiapkan sebanyak 54.308 kursi per hari dengan menyiagakan 27 lokomotif serta mengoperasikan 69 perjalanan Kereta Api (KA) reguler dan 1 KA tambahan tujuan Bandung-Yogyakarta-Solo. TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kereta api sleeper buatan PT Industri Kereta Api (Inka) sudah akan bisa ditumpangi pada musim mudik 2018. "Keretanya sementara sudah (diprpduksi).

Lebaran sudah jadi empat kereta (grebong) sleeper seat," kata Direktur Utama PT Inka, Budi Noviantoro, Kamis (3/5/2018).

Kereta api sleeper ini bukan kereta api biasa. Setiap gerbongnya hanya akan berisi 18 kursi laiknya kursi pesawat kelas bisnis.

Kursinya saja bisa dimiringkan hingga 170 derajat. Budi mendeskripsikan bentuk kursi di kereta sleeper seat yang dipesan PT Kereta Api Indonesia ( KAI) tersebut menyerupai kursi pesawat kelas bisnis.

Baca: Sebut Ada Diskriminasi saat Bagi-bagi Sembako, Eggy Sudjana: MUI Seperti Membiarkan, Tolong Umat

Setiap penumpang kereta bisa merebahkan sandaran layaknya tempat tidur.

Menurut Budi, 10 unit dari 438 kereta api yang dipesan PT KAI ke perusahaannya memiliki desain khusus.

BERITA TERKAIT

Rinciannya, empat kereta api adalah untuk kereta api sleeper dan enam yang lain berisi 28 kursi.

"Kalau yang empat itu penumpangnya mau sendirian. Kalau enam itu tiga sheet satu jajar. Untuk enam kereta dengan model tiga seat berjajar selesainya setelah lebaran," ungkap Budi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kereta "Sleeper" Buatan PT Inka Sudah Akan Bisa Dipakai Mudik 2018" 

Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas