Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pengamat Sebut Media Adalah Oksigen bagi Teroris, Ini Alasannya

“Apa teroris tahu news value? Tahu, itu sebabnya modus terbaru pakai anak-anak dan perempuan. Ada beberapa alasannya, salah satunya..."

Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Pengamat Sebut Media Adalah Oksigen bagi Teroris, Ini Alasannya
TribunJakarta.com/Jaisy Rahman Tohir
Tiga personel polisi bersenjata laras panjang mengamankan kios milik suami istri yang bekerja sebagai penjahit di Jalan Gempol Raya, Kunciran, Tangerang, Rabu (16/5/2018). Keduanya ditangkap personel Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri pada pukul 12.00 WIB. TRIBUNJAKARTA.COM/JAISY RAHMAN TOHIR 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Media massa nyatanya tidak hanya menjadi sumber informasi bagi masyarakat pada umumnya, tetapi juga bisa menjadi oksigen bagi para teroris untuk menyebarkan rasa takut imbas dari aksinya.

Demikian disampaikan Pengamat Terorisme Universitas Indonesia Solahudin dalam Forum Merdeka Barat (FMB) 9 bertajuk "Cegah dan Perangi Aksi Teroris " yang diselenggarakan di Gedung Serba Guna Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta, Rabu (16/5/2018).

Baca: Jika Ancaman Terus Meningkat, TNI Pasti Dilibatkan Basmi Terorisme

Baca: Kode Etik Jadi Pegangan Media ketika Meliput Aksi Terorisme

“Memang teroris ini oksigennya media untuk menyebarkan rasa takut secara meluas. Kalo aksi teror terjadi di kutub utara dan kutub selatan, pasti tidak akan menimbulkan rasa takut. Teroris membutuhkan media untuk menyebarkan rasa takut,” kata dia.

Lebih lanjut Solahudin juga menilai bahwa para teroris zaman sekarang sudah paham akan news value (nilai berita). Hal tersebut bisa dilihat pada aksi terorisme bom bunuh diri teranyar di Surabaya, Jawa Timur.

“Apa teroris tahu news value? Tahu, itu sebabnya modus terbaru pakai anak-anak dan perempuan. Ada beberapa alasannya, salah satunya karena mereka tahu kalau laki-laki sudah biasa, tetapi kemudian kalau pelakuknya ibu dan anak-anak, itu baru luar biasa, baru akan dapat coverage yang luas. Itu sebabnya juga media asing meliput kasus tersebut. Buat mereka ini punya news value yang tinggi,” jelasnya.

Menurut Solahudin, aksi terorisme melibatkan perempuan dan anak-anak ini dilakukan karena tiga alasan.

“Alasan pertama sekuriti, kalau dilakukan perempuan dan anak-anak lebih sulit diidentifikasi.  Kedua untuk mendapatkan coverage dari media sehingga menyebarkan rasa takur. Ketiga, ini yang penting, sebagai pesan untuk disebarkan ke jaringan mereka sendiri, yaitu provokasi bahwa perempuan dan anak-anak aja berani, masak lo kagak berani?” terangnya.

BERITA REKOMENDASI

Turut hadir sebagai narasumber dalam FMB 9 kali ini antara lain Tenaga Ahli Kementerian Komunikasi dan Informatika Donny Budi Utoyo dan Ketua Dewan Pers Joseph Adi Prasetyo.

Kegiatan FMB 9 juga bisa diikuti secara langsung di: www.fmb9.id, FMB9ID (Twitter), FMB9.ID (Instagram), FMB9.ID (Facebook), dan FMB9ID (Youtube).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas