Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pemerintah Yakin Asian Games 2018 akan Bebas dari Teror

"Untuk pengamanan, semua anggarannya kan sudah ada, praktis akan ada pengamanan signifikan, terlebih untuk mengantisipasi teror‎," tutur Bambang

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
zoom-in Pemerintah Yakin Asian Games 2018 akan Bebas dari Teror
TRIBUN/HO
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro berdiskusi dalam Forum Dialog dengan tema 'Menghitung Dampak Ekonomi Asian Games 2018', di Jakarta, Minggu (13/05/2018). Dengan menjadi tuan rumah Asian Games, akan memberikan dampak positif bagi Indonesia, baik dari sisi ekonomi maupun non-ekonomi. TRIBUNNEWS/HO 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -‎ ‎Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro menyakini pagelaran Asian Games ke-18 yang terselenggara di Jakarta dan Palembang, berlangsung dengan aman dari teror.

"Untuk pengamanan, semua anggarannya kan sudah ada, praktis akan ada pengamanan signifikan, terlebih untuk mengantisipasi teror‎," tutur Bambang, Jakarta, Kamis (17/5/2018).

Baca: Ketua DPRD DKI Jakarta Sayangkan Keputusan Pemprov DKI Lepas Saham PT Delta

Menurut Bambang, peristiwa teror yang terjadi di Surabaya memang dapat berdampak pada sektor pariwisata.

Masyarakat pun diimbau tidak latah ikut mengunggah tulisan atau gambar-gambar yang belum jelas kebenarannya di media sosial.

"Kita harus bisa membuktikan Indonesia itu aman dan kondusif, tidak akan ada gangguan atau teror terhadap pelaksanaan Asian Games 2018, termasuk gangguan jangka panjang terhadap investasi maupun pariwisata," kata Bambang.

Sebelumnya, Menteri Bambang Brodjonegoro menegaskan Asian Games 2018 tentunya akan memberikan manfaat ekonomi dan non-ekonomi bagi Indonesia sebagai tuan rumah.

BERITA TERKAIT

Manfaat ekonomi yang akan tercipta antara lain meningkatkan sektor pariwisata, meningkatkan aktivitas ekonomi lokal, menciptakan lapangan kerja, mendorong pengembangan kota melalui pembangunan infrastruktur fasilitas olahraga dan lain-lainnya.

Disamping itu, Indonesia juga akan memperoleh manfaat non ekonomi, di antaranya meningkatkan kohesi sosial dan mendorong perubahan budaya, perilaku, dan karakter masyarakat, meningkatkan kualitas tenaga kerja untuk event internasional melalui partisipasi sukarelawan.

Baca: Densus 88 Jemput Seorang PNS Saat Sedang Sahur di Probolinggo

Asian Games 2018, kata Bambang, juga akan mendorong masyarakat untuk melakukan aktivitas olahraga sekaligus mengajak generasi muda untuk belajar mengenai semangat olahraga dan sportivitas.

"Serta meningkatkan profil Indonesia di mata internasional," ujar Bambang‎.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas