Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Abraham Samad Setuju Larangan Mantan Napi Tidak Boleh Jadi Calon Anggota Legislatif

Abraham Samad setuju dengan aturan yang melarang mantan narapidana korupsi untuk menjadi calon anggota legislatif.

Penulis: Yanuar Nurcholis Majid
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Abraham Samad Setuju Larangan Mantan Napi Tidak Boleh Jadi Calon Anggota Legislatif
Tribunnews/JEPRIMA
Mantan Ketua KPK Abraham Samad, Anggota Bawaslu RI Fritz Edward Siregar, Anggota Komisi III DPR RI Masinton Pasaribu, Direktur Eksekutif Perludem Titi Anggraini dan Ketua KPU Arief Budiman saat berswafoto disela-sela menjadi narasumber pada talkshow Akhir Pekan Terhangat Polemik dengan tema Korupsi, Pilkada dan Penegakan Hukum di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (17/3/2018). Talkshow tersebut membahas tentang korupsi yang menjerat para kepala daerah pada saat Pilkada Serentak 2018. Tribunnews/Jeprima 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mantan Ketua KPK Abraham Samad setuju dengan aturan yang melarang mantan narapidana korupsi untuk menjadi calon anggota legislatif.

"Ya, oleh karena itu saya ingin mendorong partai politik itu punya code of conduct karena kalau partai sudah memiliki itu, maka partai punya dasar tidak mencalonkan orang-orang yang sudah berstatus napi.Tapi kalau tidak punya itu buat jadi rujukan, maka akan susah mereka untuk melakukan itu," ucap Abraham saat ditemui di Kantor DPP PKS Jl. TB Simatupang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis (24/5/2018).

Abraham bahkan menginginkan aturan tersebut berlaku di setiap partai politik sebelum mendaftarkan kadernya dalam pemilu legislatif.

"Pokoknya kita sesuai saja dengan aturan yang ada. Kalau ada aturannya seperti itu ya kita harus taati," tambah dia.

Baca: Konsisten Atur Larangan Napi Korupsi Daftar Caleg, KPU Akan Kirim Draft PKPU ke Kemenkumham

Bahkan Abraham ingin mendorong agar setiap partai politik mempunyai code of conduct yang mengatur larangan mantan narapidana korupsi untuk menjadi calon anggota legislatif.

"Saya ingin mendorong parpol punya code of conduct, kode etik ya," ujar Abraham.

Sebelumnya, Ketua KPK Laode Syarif juga mendukung kebijakan KPU yang melarang mantan narapidana korupsi untuk menjadi calon legislatif di 2019.

BERITA TERKAIT

"Itu (eks napi korupsi diperbolehkan nyaleg) nggak memberikan pembelajaran yang bagus pada masyarakat secara keseluruhan. Jadi saya pikir untuk kebaikan bersama harusnya eksekutif dan legislatif itu tegas saja. Mantan napi tidak boleh diberi kesempatan untuk posisi penting di pemerintahan," kata Wakil Ketua KPK Laode M Syarif di gedung KPK, Rabu (23/5) kemarin.

Diketahui, KPU berencana mengatur pelarangan tersebut dalam Peraturan KPU atau aturan internal parpol soal rekrutmen caleg.

KPU mengusulkan larangan ini masuk dalam Peraturan KPU Pasal 8 tentang pencalonan anggota DPRD provinsi dan kabupaten/kota.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas