Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jokowi Minta PM Modi Pangkas Bea Masuk Kelapa Sawit Indonesia

Secara khusus saya juga meminta perhatian PM Modi mengenai tingginya tarif atas produk kelapa sawit

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Jokowi Minta PM Modi Pangkas Bea Masuk Kelapa Sawit Indonesia
Seno Tri Sulistiyono/Tribunnews.com
Joko Widodo 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - ‎Presiden Joko Widodo meminta secara langsung kepada Perdana Menteri India Narendra Modi untuk menurunkan bea masuk produk kelapa sawit beserta turunannya.

"‎Secara khusus saya juga meminta perhatian PM Modi mengenai tingginya tarif atas produk kelapa sawit di Indonesia (ke India) dan beliau tadi menyanggupi untuk melihat dari masalah-masalah yang tadi kita sampaikan," tutur Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (30/5/2018).

‎Diketahui, pemerintah India berencana menambah tarif kepabeanan sebesar 45 persen untuk produk sawit dan 54 persen untuk produk turunannya.

Dalam pertemuan bilateral, Jokowi juga menyampaikan bahwa Indonesia dan India sepakat untuk terus menjadikan ekonomi kedua negara menjadi terbuka dan terus merawat hubungan sebagai mitra strategis.

"India adalah mitra dagang ekspor terbesar, hampir 15 miliar dolar AS, wisatawan juga meningkat tajam naik 28 persen dengan jumlah hampir 500 ribu wisatawan di tahun 2017," penerbangan Indonesia-India sekarang menjadi 28 kali per minggu‎," papar Jokowi.

Menurut Jokowi, mintra strategis yang selama ini dijalankan maka ke depan akan ditingkatkan menjadi kemitraan strategis komprehensif, sehingga hubungan bilateral Indonesia-India akan semakin kokoh.

"Kekokohan hubungan ini bukan saja hanya membawa keuntungan bagi kedua negara, tapi juga stabilitas dan kemakmuran kawasan," ujarnya.

BERITA REKOMENDASI
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas