Tribun

Kecelakaan Libatkan Kendaraan Roda Dua Dominasi Arus Mudik

“Untuk darat tadi disampaikan Senkom Polri kecelakaan yang terjadi kebanyakan adalah kendaraan roda dua,” ujar Junaedi, Selasa (12/6/2018).

Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Malvyandie Haryadi
Kecelakaan Libatkan Kendaraan Roda Dua Dominasi Arus Mudik
henry lopulalan/stf
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Glery Lazuardi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Ketua Harian Posko Nasional Angkutan Lebaran 2018, Junaedi, menegaskan moda transportasi darat pada arus Mudik tahun ini lebih baik dibandingkan tahun lalu. Meskipun begitu,  masih terjadi kecelakaan lalu lintas terutama yang melibatkan kendaraan roda dua.

“Untuk darat tadi disampaikan Senkom Polri kecelakaan yang terjadi kebanyakan adalah kendaraan roda dua,” ujar Junaedi, Selasa (12/6/2018).

Baca: Andik Vermansah Nyaris Dikerjai Pemain Kelantan FA Untung Ada Liridon Krasniqi

Berdasarkan data yang dimilikinya, kata dia, kecelakaan melibatkan kendaraan roda dua terpantau terjadi di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat. Total kecelakaan itu mengakibatkan sebanyak sembilan korban.

Dia mengharapkan angka kecelakaan lalu lintas itu menurun dibandingkan pada tahun lalu.  “Tetapi diharapkan bisa lebih baik. Dan ini jauh lebih dibanding tahun lalu,” kata dia.

Pemerintah tak hanya mengantisipasi kecelakaan lalu lintas, tetapi juga kemacetan. Untuk ruas jalan darat, kata dia, kemacetan salah satunya terjadi di ruas Tol Cikampek, mulai dari Cawang sampai Cikampek pada waktu-waktu tertentu.

Sebagai langkah antisipasi, akan dilakukan rekayasa jalan melalui Cipali, melalui Pantura, dan jalur tengah. Selain itu, penggunaan jalan tol baru juga harus menjadi perhatian untuk para pemudik.

Salah satunya di Salatiga, Jawa Tengah, di mana terdapat tanjakan yang harus menjadi perhatian. Untuk para pengemudi kendaraan bermotor, supaya disarankan tidak melintas pada malam hari.

“Tetapi, secara umum untuk angkutan darat ini sudah cukup baik dan lebih lancar dari tahun lalu,” tambahnya.

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas