Tribun

Pilgub Jawa Barat

Survei Indo Barometer, Pasangan Ridwan Kamil - UU Unggul di Jawa Barat

M Qodari mengatakan berdasarkan simulasi surat suara RK-UU meraih 36,9 persen suara responden.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Survei Indo Barometer, Pasangan Ridwan Kamil - UU Unggul di Jawa Barat
Kolose Tribun Jabar
4 Cagub Jabar, Ridwan Kamil, Sudrajat, Deddy Mizwar dan Tb Hasanuddin 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Pasangan nomor urut 1 Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum unggul dalam survey yang dirilis oleh lembaga survei Indo Barometer di hotel kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu (20/6/2018).

Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari mengatakan berdasarkan simulasi surat suara RK-UU meraih 36,9 persen suara responden.

"Pasangan nomor urut 2 Hasanudin -Anton Charliyan mengumpulkan suara responden hanya sebesar 5,0 persen," kata Qodari.

Pasangan Sudrajat dan Ahmad Syaikhu mendapat suara sebesar 6,1 persen.

"Sedangkan, pasangan nomor 4 Deddy Mizwar dan Dedi Mulyadi berada diurutan kedua setelah RK-UU dengan raihan suara 30,1 persen," tutur dia.

Meski demikian, dia menjelaskan masih ada sekitar 21,9 persen responden yang belum menandai surat suaranya, di mana responden masih merahasiakan pilihan mereka dengan berbagai alasan.

"Alasannya 62 persen merahasiakan jawaban tapi sudah punya pilihan tapi tak menyampaikan. 31 persen belum menentukan dengan alasan belum kenal calon, belum kenal visi misi, menunggu hari H masih bingung," kata Qodari.

Survei dilakukan pada 7-13 Juni lalu, meliputi 27 kabupaten atau kota di Jabar, dengan sampel responden sebanyak 1.200, berusia minimal 17 tahun.

Metode penarikan sampel yang digunakan adalah multistage random sampling dengan teknik pengumpulan data wawancara, tatap muka responden menggunakan kuesinoer.

Survei memiliki margin of error sebesar ±2.83% dan tingkat kepercayaan 95%.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas