Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Beredar Foto Hoax Bangkai KM Sinar Bangun, Sutopo: Sudah Saya Bilang, Masih Saja ''Ngeyel''

"Sudah saya bilang hoaks fotonya. Masih juga ngeyel. Pakai logika saja, tidak mungkin bisa foto di kedalaman 490 meter."

Beredar Foto Hoax Bangkai KM Sinar Bangun, Sutopo: Sudah Saya Bilang, Masih Saja ''Ngeyel''
Twitter
Foto hoax KM Sinar Bangun 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Beredarnya foto hoaks bangkai KM Sinar Bangun yang ditemukan di dasar Danau Toba membuat Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB) Sutopo Purwo Nugroho berang.

Di grup Whatsapp Medkom Bencana 4 yang diikuti Kompas.com, Sutopo menegaskan bahwa foto bangkai KM Sinar Bangun itu adalah hoaks atau palsu.

Baca: Pengamat: Banyak Muncul Capres Jika MK Kabulkan Gugatan PT 20 Persen

"Sudah saya bilang hoaks fotonya. Masih juga ngeyel. Pakai logika saja, tidak mungkin bisa foto di kedalaman 490 meter. Kecuali pakai kapal selam riset Shinkai milik Jepang," kata Sutopo, Selasa (26/6/2018).

Dia lalu menjelaskan, kegelapan di perairan dalam semakin bertambah seiring kedalaman laut atau danau. Keadaan gelap dan pekat yang mendominasi dimulai pada kedalaman lebih dari 200 meter.

Situasi ini diikuti dengan penurunan suhu yang memisahkan antara air permukaan yang hangat dan air kedalaman yang dingin.

"Selain itu, pada kedalaman ini terdapat gelombang dalam yang menutupi air dingin di kedalaman laut atau danau. Lalu cahaya tidak ada sama sekali pada kedalaman lebih dari 1.000 meter," ucapnya.

Menurutnya, dasar Danau Toba berada di kedalaman sekitar 500 meter, bukan 1.600 meter. Banyak media yang salah menulis setelah alat pendeteksi kedalaman diturunkan ke danau.

"Tertulis 1.600, satuannya feet, tapi ditulis meter. Satu meter sekitar tiga feet, jadi kedalamannya sekitar 530 meter. Akhirnya menyesatkan dan masyarakat memahami salah," ujar dia.

Kembali ke foto bangkai KM Sinar Bangun yang beredar di media sosial, Sutopo mengajak semua orang untuk menggunakan logikanya. Tidak mungkin mendapatkan foto kapal di dasar danau dalam keadaan gelap gulita.

Apalagi alat yang dipakai tim SAR gabungan dan penyelam tidak ada yang dapat menjangkau dasar danau di kedalaman 500-an meter.

Halaman
123
Editor: Malvyandie Haryadi
Sumber: Kompas.com
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas