Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Anang Sugiana Kembalikan Harta Korupsi ke KPK

Uang itu kemudian diperuntukkan buat mantan pejabat pembuat komitmen Kemendagri Sugiharto dan mantan Ketua DPR Setya Novanto.

Penulis: Ilham Rian Pratama
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Anang Sugiana Kembalikan Harta Korupsi ke KPK
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Terdakwa kasus korupsi pengadaan KTP elektronik Anang Sugiana Sudihardjo menjalani sidang tuntutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (28/6/2018). Anang Sugiana dituntut 7 tahun penjara dengan dengan Rp 1 miliar subsider 6 bulan kurungan karena terbukti bersalah melakukan korupsi dan memperkaya perusahaannya sebesar Rp 79 miliar terkait pengerjaan proyek pengadaan KTP elektonik. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ilham Rian Pratama

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Terdakwa kasus korupsi e-KTP Anang Sugiana Sudihardjo, telah mengembalikan sejumlah harta korupsi.

Dikatakan Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah, Anang telah mengembalikan uang sekitar  300 ribu dolar AS dan Rp 3 miliar.

"Sebagian pengembalian sudah dilakukan oleh terdakwa Anang pada KPK. Nanti tentu itu akan dihitung sebagai faktor pengurang di putusan nantinya. Tapi nanti kita lihat, setelah tuntutan dibacakan oleh jaksa, berikutnya kan pleidoi. Seharusnya pihak terdakwa menyampaikan secara rinci berapa yang sudah dikembalikan karena ini penting untuk hakim nanti mengambil putusan," ujar Febri di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (28/6/2018).

Baca: Tiga Lumbung Logistik Partai Gerindra Untuk Usung Prabowo Dalam Pilpres 2019

Baca: Hanya Menang di 4 Provinsi, Sinyal Buruk Bagi PDIP?

Dalam perkara ini, Anang, yang merupakan mantan Dirut PT Quadra Solution, dituntut 7 tahun penjara dan denda Rp1 miliar subsider 6 bulan kurungan.

Anang diyakini mendapatkan aliran duit terkait korupsi proyek e-KTP. 

Anang juga dituntut membayar uang pengganti. Anang dituntut membayar uang Rp39.239.861.630 berkaitan dengan kasus korupsi proyek e-KTP.

BERITA TERKAIT

Perusahaan Anang disebut mendapatkan Rp79.039.861.630 dari proyek e-KTP.

Uang itu kemudian diperuntukkan buat mantan pejabat pembuat komitmen Kemendagri Sugiharto dan mantan Ketua DPR Setya Novanto. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas