Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Tingkatkan Keselamatan, Dek Atas dan Teralis Jendela Kapal Bakal Dihilangkan

Kementerian Perhubungan akan menghapuskan dek atas atau lantai bagian atas kapal penyeberangan di Danau Toba

Tingkatkan Keselamatan, Dek Atas dan Teralis Jendela Kapal Bakal Dihilangkan
TRIBUNNEWS.COM/TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO
Menhub Budi Karya Sumadi adakan tabur bunga dan mendoakan agar para korban kapal tenggelam di Danau Toba mendapat tempat di sisi tuhan yang maha esa dan khusnus khotimah dan keluarga korban diberikan kesabaran dan tabah menghadapi musibah ini, di Danau Toba, Sumatera Utara, Kamis (5/7/2018). TRIBUNNEWS.COM/IST 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Langkah antisipasi terus dilakukan Kementerian Perhubungan untuk meningkatkan keselamatan pelayaran di Danau Toba, Sumatera Utara setelah adanya kejadian kapal tenggelam beberapa waktu lalu.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebutkan rencana terbaru, Kementerian Perhubungan akan menghapuskan dek atas atau lantai bagian atas kapal penyeberangan di Danau Toba terutama bagi kapal yang memiliki tiga lantai.

Baca: Garuda Tetap Berdayakan Pilot TNI AU Meski Aksi Mogok Pilot Dibatalkan

Budi menjelaskan langkah tersebut untuk membuat kapal lebih stabil saat sedang berlayar.

"Iya untuk di Toba itu, rekomendasi paling utama menghapuskan dek atas. Dek atas memang membuat kestabilan hilang," kata Budi Karya saat ditemui di Hotel Merlyn, Jakarta Pusat, Jumat (6/7/2018).

Selain dek kapal atas, tralis atau besi yang ada di jendela kapal juga diminta dihilangkan karena dianggap menyulitkan penumpang yang ingin keluar kapal saat kendaraan darurat.

"Yang kedua menghilangkan tralis-tralis dari jendela karena itu menutup kemungkinan orang susah melarikan diri banyak yang terjebak," tutur Budi Karya.

Baca: Integrasi Tarif Tol JORR Dianggap Dapat Mengurai Kemacetan Truk Tanjung Priok

Tidak hanya di Danau Toba Mantan Direktur Utama Angkasa Pura II itu menyebutkan kedepannya rencana peniadaan dek atas dan tralis nantinya juga akan diterapkan untuk seluruh kapal penyeberangan di Indonesia.

"Iya (diterapkan di kapal lain) walaupun di sana (Danau Toba) spesifik. Kita akan terapkan semua. Tentunya kita akan lihat strukturnya seperti apa. kalau ada dek atas tapi keseimbangan masih terjaga ya boleh saja," pungkas Budi Karya.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas