Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Mendaki ke Rinjani dari Sembalun Butuh Waktu 8 Jam, Bagaimana Jika Terjadi Longsor?

Mutaharlin mengatakan bahwa proses evakuasi para pendaki yang terjebak di Danau Segara Anak tidak bisa secepat yang dibayangkan.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Mendaki ke Rinjani dari Sembalun Butuh Waktu 8 Jam, Bagaimana Jika Terjadi Longsor?
Ist/Tribunnews.com
Kondisi terkini retakan di kawasan Gunung Rinjani, Senin (30/7/2018), pasca terjadinya gempa 6,4 skala richter yang mengguncang Lombok dan Sumbawa. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengamat Gunung Rinjani di Sembalun, Mutaharlin mengatakan bahwa proses evakuasi para pendaki yang terjebak di Danau Segara Anak tidak bisa secepat yang dibayangkan.

Sebagian pendaki memang telah dievakuasi ke posko dalam keadaan selamat.

Namun perlu dicatat bahwa pendakian ke gunung tersebut cukup jauh, terlebih saat ini tiga jalur pendakian telah mengalami longsor, yakni Plawangan Senaru, Torean dan Sembalun.

"Kalau Rinjani ini kan pendakiannya jauh ya, tidak bisa secepat itu (pengevakuasiannya)," ujar Mutaharlin, saat dihubungi Tribunnews.com, Senin (30/7/2018).

Ia pun kemudian menjelaskan, jika perjalanan mendaki Gunung Rinjani ditempuh dari posko yang berada di Plawangan Sembalun, maka akan membutuhkan waktu selama sekira 8 jam.

Baca: Sebelum Longsor, Gempa Sebabkan Kepulan Debu Selama Satu Jam di Kawasan Gunung Rinjani

Itu jika ditempuh dengan berjalan kaki tanpa adanya hambatan seperti longsor yang terjadi saat ini.

"Kalau dari Plawangan dari posko di sini, kalau dari jalan kaki paling cepat ke lokasi itu dalam keadaan normal 8 jam," jelas Mutaharlin.

BERITA TERKAIT

Mutaharlin menambahkan, tim gabungan yang terdiri dari Korps Kopassus dan Basarnas yang juga dibantu masyarakat sekitar telah berangkat sejak pagi tadi untuk mengevakuasi para pendaki.

Bahkan ada pula diantara mereka yang berangkat lebih awal, yakni pada pukul 05.00 WITA.

"Tadi kebetulan pagi-pagi sekali diberangkatkan itu kurang lebih (sekitar) jam 5 jam 6, ada yang duluan berangkat," kata Mutaharlin.

Sebelumnya, terjadi gempa berkekuatan 6,4 skala richter yang mengguncang Lombok dan Sumbawa pada Minggu pagi (29/7/2018), dan mengakibatkan longsor di kawasan Gunung Rinjani.

Longsor itu kemudian menyebabkan ratusan pendaki terjebak di Danau Segara Anak saat tengah mendaki ke Gunung tersebut.

Menurut informasi yang diperolehnya, dari ratusan orang yang terjebak itu, satu diantaranya dinyatakan tewas dan tengah dalam proses pengevakuasian.

Tim evakuasi gabungan yang terdiri dari Korps Kopassus, Basarnas dan dibantu masyarakat pun hingga kini tengah berupaya mengevakuasi seluruh korban yang terjebak.

Perlu diketahui, untuk mencapai Danau Segara Anak, yang disebut menjadi titik lokasi terjebaknya para pendaki, membutuhkan waktu sekira 7 hingga 10 jam jika ditempuh dengan berjalan kaki melalui jalur Senaru.

Lokasi longsor itu memiliki jarak sekitar 8 km dari pintu gerbang jalur pendakian tersebut.

Sedangkan jika perjalanan ditempuh dari jalur pendakian Sembalun, membutuhkan waktu sekira 8 hingga 10 jam.

Danau Segara Anak berada pada ketinggian sekitar 2.010 m di atas permukaan laut dan memiliki kedalaman sekira 230 meter. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas