Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pesan Jokowi ke Gubernur dan Wagub NTB Setelah Resmi Dilantik di Istana

Menurut Jokowi, rekonstruksi diutamakan kepada fasilitas umum seperti sekolah, rumah sakit, puskesmas

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Pesan Jokowi ke Gubernur dan Wagub NTB Setelah Resmi Dilantik di Istana
Tribunnews.com/Seno Tri Sulistiyono
Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik calon Gubernur dan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) terpilih, Zulkieflimansah-Sitti Rohmi Djalilah. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo meminta Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimasyah‎ dan Wakil Gubernur Sitti Rohmi Djalilah, untuk fokus terhadap rehabilitasi dan rekonstruksi wilayahnya seusai terjadinya gempa bumi.

"Saya sampaikan, langsung bekerja karena di provinsi NTB ada persoalan besar. ‎Maka itu, segera diselesaikan di lapangan, diikuti prosesnya," ujar Jokowi usai melantik keduanya di Istana Negara, Jakarta, Rabu (19/9/2018).

Menurut Jokowi, rekonstruksi diutamakan kepada fasilitas umum seperti sekolah, rumah sakit, puskesmas, dan selanjutnya rumah-rumah yang rusak berat, sedang, serta ringan.




"Tigas utamanya ke sana dulu," ucap Presiden Jokowi.

Sementara terkait belum cairnya semua dana untuk rehabilitasi dan rekonstruksi di NTB, Jokowi menilai, proses pencairan dilakukan secara bertahap dan mengacu data yang telah diverifikasi.

"‎Kalau belum proses lapangan ada diverifikasi, nanti diberikan lagi. Ada proses, masak langsung ini-ini-ini, kan tidak seperti itu, ada prosedurnya," papar Jokowi.

‎Diketahui, pemerintah memberikan bantuan sebesar Rp 50 juta untuk rumah yang rusak berat, Rp 30 juta untuk rusak sedang, dan Rp 10 juta untuk perbaikan ringan.

BERITA TERKAIT

Kontruksi pembangunan rumah, diwajibkan menggunakan teknologi RISHA (Rumah Instan Sederhana Sehat)‎, agar memiliki ketahanan ketika terjadi gempa.

Sementara fasilitas publik, seperti pasar, sekolah, rumah ibadah, puskesmas dan rumah sakit yang rusak, ‎Jokowi mengatakan, pemerintah akan perbaiki dan ditargetkan bisa kembali berfungsi pada Desember 2018.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas