Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tanggapi Polemik Impor Beras, Jokowi Perintahkan Menko Perekonomian Panggil Budi Waseso dan Mendag

Kekisruhan antara Menteri Perdagangan (Mandag) Enggartiasto Lukita dan Dirut Bulog Budi Waseso sudah diketahui oleh Jokowi.

Editor: Bobby Wiratama
zoom-in Tanggapi Polemik Impor Beras, Jokowi Perintahkan Menko Perekonomian Panggil Budi Waseso dan Mendag
Tribunnews/JEPRIMA
Seorang kuli angkut menata tumpukan karung beras di Gudang Perum Bulog Divre DKI Jakarta dan Banten, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa (9/1/2018). Pemerintah menegaskan tidak akan mengimpor beras umum atau medium meski stok di gudang Bulog kurang dari 1 juta ton. Pasokan beras ini dirasa masih cukup untuk memenuhi kebutuhan nasional, termasuk untuk bantuan sosial beras keluarga sejahtera (rastra). Tribunnews/Jeprima 

TRIBUNNEWS.COM – Kekisruhan antara Menteri Perdagangan (Mandag) Enggartiasto Lukita dan Dirut Bulog Budi Waseso sudah diketahui oleh Jokowi.

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan Presiden Jokowi memerintahkan Menko Perekonomian Darmin Nasution untuk memanggil Mendag dan Dirut Bulog tersebut.

Mantan Panglima TNI tersebut menyebut bahwa permasalahan antara Buwas dan Mendag hanya masalah komunikasi, sehingga bisa diselesaikan dengan upaya komunikasi oleh Menko Pereekonomian.

"Secepatnya, tadi dari Presiden supaya Menko mengundang‎, ini sebenarnya masalah komunikasi, nanti kalau udah dikomunikasikan oleh menteri koordinator saya pikir sudah," tutur Moeldoko, Kamis (20/9/2018) dikutip dari Tribunnews. 

Menko Perekonomian Darmin Nasuton menjelaskan dirinya akan memanggil Buwas, Enggar dan menteri pertanian Amran Sulaiman untuk menjelaskan kekisruhan persoalan impor beras sehingga tidak berlarut-larut.

Namun, Darmin juga mengungkapkan sulitnya mencari waktu yang tepat untuk pertemuan ini.

"Waktu beliau-beliau ini agak susah, sampai ada yang bilang bisanya malam, ada yang bilang sore pukul 16.00 WIB," paparnya.

BERITA TERKAIT

Diberitakan sebelumnya, polemik antara Budi Waseso (Buwas) dan Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita ini berawal dari izin impor beras untuk Bulog sebanyak 2 juta ton.

Keputusan persetujuan Enggar itu didasari karena menurutnya stok beras belum aman dan produksi beras lokal terbatas karena peralihan fungsi lahan sawah yang gencar dilakukan.

Enggar pun mengatakan jika permohonan itu telah diminta oleh Badan Urusan Logistik (Bulog).

Namun, Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso (Buwas) membantah dirinya yang meminta agar impor beras itu terlaksana.

Halaman Selengkapnya >

Sumber: TribunWow.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas