Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tambang Emas Freeport Kini Berhasil Diambil Alih Pemerintah Indonesia dari Pihak Asing

Setelah puluhan tahun akhirnya PT Indonesia Asahan Alumunium / Inalum (Persero) resmi mengambil alih operasional tambang emas Freeport.

Penulis: Grid Network
zoom-in Tambang Emas Freeport Kini Berhasil Diambil Alih Pemerintah Indonesia dari Pihak Asing
Kompas.com
Suasana usai penandatanganan Sales and Purchase Agreement PT Inalum (Persero) dengan Freeport McMoran di Kementerian ESDM, Kamis (27/9/2018). Turut dalam kesepakatan ini Dirut Inalum Budi Gunadi Sadikin, CEO Freeport McMoran Richard Adkerson, Menteri ESDM Ignasius Jonan, Menteri BUMN Rini Soemarno, dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. 

TRIBUNNEWS.COM - Setelah puluhan tahun akhirnya PT Indonesia Asahan Alumunium / Inalum (Persero) resmi mengambil alih operasional tambang emas Freeport dari Freeport McMoran selaku induk usaha PT Freeport Indonesia (PTFI).

Dikutip dari Kompas.com, Kamis (27/9) pengambilalihan ini ditandai dengan ditandatanganinya Sales and Purchase Agreement antara kedua belah pihak di Kementerian ESDM hari ini.

Dengan kesepakatan ini, Indonesia resmi memiliki saham mayoritas sebanyak 51 persen di Freeport yang menandakan pemerintah sudah bisa mengelola tambang emas Freeport semaksimal mungkin demi kemaslahatan seluruh rakyat Indonesia.

Dalam kesepakatan ini turut hadir Direktur Utama Inalum Budi Gunadi Sadikin serta Direktur Freeport McMoran Richard Adkerson. Penandatanganan ini disaksikan oleh Jonan, Menteri BUMN Rini Soemarno, serta Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Kesepakatan ini juga merupakan turunan dari kesepakatan pokok divestasi saham sebelumnya antara kedua belah pihak pada 12 Juli 2018 lalu.

Halaman Selanjutnya

BERITA TERKAIT
Sumber: Grid.ID
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas