Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Sandiaga Bantah Program OK OCE Tak Berjalan Mulus di DKI

Sandiaga Uno mengklarifikasi kabar maraknya toko OK OCE di Jakarta yang disebut telah tutup maupun bangkrut.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Sandiaga Bantah Program OK OCE Tak Berjalan Mulus di DKI
Tribunnews.com/ Yanuar Nurcholis Majid
Kondisi gerai Ok Oce Mart Kalibata di Jalan Warung Jati Barat Raya No 8, Jakarta Selatan, 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Calon Wakil Presiden Sandiaga Uno mengklarifikasi kabar maraknya toko OK OCE di Jakarta yang disebut telah tutup maupun bangkrut.

Dia menyebut hanya ada satu toko yang tutup karena berpindah tempat.

Dia menerangkan salah satu tutupnya gerai OK OCE Mart Kalibata di Jalan Warung Jati Barat Raya Nomor 8, Jakarta Selatan ialah karena berpindah tempat demi menyesuaikan biaya operasionalnya.

Lanjut Sandiaga, toko itu pindah karena saat merintis dahulu, pihak pendiri yakni para relawan tak dipungut biaya sepeserpun.

Namun seiring berjalannya waktu, selama lebih dari setahun alami perkembangan maka kemudian pihak pengelola gedung meminta tagihan sewa yang cukup tinggi terhadap toko OK OCE di sana.

Baca: Sandiaga Ingin Masukan OK Oce Jadi Program Bersama Prabowo

Alasan tersebut yang menjadi dasar mengapa toko itu berpindah tempat. 

"Cuma satu yang pindah, bukan tutup. Datanya cuman katanya-katanya, padahal cuma satu yang pindah lokasi karena sebelumnya tidak bayar, di Kalibata. Setelah eksis satu tahun, mereka diminta bayar, akhirnya mereka mencari tempat yang lebih tidak membebani biaya produksi mereka," kata Sandiaga di Sunter, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (5/10/2018).

BERITA TERKAIT

Mantan Wakil Gubernur DKI itu menuturkan bahwa program OK ICE sejatinya bukan sebuah produk, melainkan sosok-sosok penggerak dari produk itu sendiri. Sementara toko maupun gerai disebut Sandiaga merupakan varian bisnis dari program OK OCE itu sendiri.

"OK OCE itu bukan toko, OK OCE itu mereka (orang), kalau OK OCE mart itu varian, dan di gerakkan oleh beberapa relawan. Kalau yang digerakan oleh Pemprov itu gerai OK OCE, itu yang digerakan oleh PD Pasar Jaya," ujarnya.

Sandiaga pun anggap wajar bila dalam dunia usaha seperti toko OK OCE mengalami fluktuasi. Hal itu dianggapnya merupakan sesuatu yang biasa dalam sebuah bisnis.

"Nah ini bentuk dari varian OK OCE, bisnis naik turun, ada yang kurang stabil, ada yang melakukan adaptasi," sebutnya.

Diberitakan sebelumnya, Sandiaga saat ini tengah menggodok program OK OCE menjadi program berskala nasional.

Untuk mewujudkan itu, dirinya bersama Ketua PGO OK OCE Faransyah Jaya sedang melakukan adaptasi dan uji efektifitas dari program tersebut pada beberapa titik di kota-kota besar Indonesia.

Sandiaga pun mengungkap akan memasukan program OK OCE sebagai tawaran dari gerakan Prabowo-Sandi.

"Ini sangat cocok di DKI dan kota besar di Indonesia bagian barat, tengah, dan timur. Kita lagi uji efektifitas program dari gerakan OK OCE ini," terangnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas