Tribun

Satu Hati Untuk Sulawesi

Bikin Haru, Aksi TNI Bantu Korban Gempa Palu dan Donggala

Dalam penanganan korban gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah, peran TNI dan Polri sangat dibutuhkan.

BizzInsight
Bikin Haru, Aksi TNI Bantu Korban Gempa Palu dan Donggala

TRIBUNNEWS.COM – Dalam penanganan korban gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah, peran TNI dan Polri sangat dibutuhkan. Salah satunya dengan membantu korban yang berada di pelosok.

Mereka pun diberi tugas dan beberapa aksinya menuai pujian saat sedang membantu korban. Salah satunya ketika membantu persalinan seorang ibu di posko pengungsian.

Dalam video berdurasi satu menit yang diunggah oleh Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat, terlihat beberapa orang anggota TNI tengah menggotong seorang korban dari balik reruntuhan. Para korban yang terluka dibawa dan dirawat di Rumah Sakit Lapangan, Kabupaten Donggalat, termasuk seorang ibu yang tengah melahirkan.

Beratapkan tenda dan beralaskan ranjang lipat, seorang ibu dibantu persalinannya oleh sejumlah anggota TNI hingga berhasil melahirkan.

Kemudian, kesiagaan TNI juga terlihat lewat aksinya saat melakukan pengawalan ketat terhadap kendaraan yang membawa logistik bantuan untuk korban. Perlu diketahui, hingga akhir September lalu, akses penyaluran bantuan melalui jalur darat, udara, dan maupun laut belum lancar karena kendala transportasi.

Namun, dengan bantuan TNI beberapa bantuan logistik bisa disalurkan, tidak hanya di kota besar, melainkan juga ke pelosok.

Hal inilah yang menjadi alasan PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul, Tbk memberikan donasi sebesar Rp200juta untuk korban gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah, melalui TNI.

sido muncul

“Saya titipkan bantuan kepada mereka, karena jalur pendistribusian sebagian besar dikawal oleh pihak TNI untuk disebarkan ke daerah. Network mereka kan luar biasa di sana. Sejak dari awal kejadian sudah hadir di Palu dan Donggala,” ungkap Direktur Marketing Sido Muncul, Irwan Hidayat.

Bantuan yang diberikan berupa obat-obatan produksi Sido Muncul, seperti jamu Tolak Angin, Tolak Linu, Kuku Bima Energi, serta produk lainnya.

“Yang jelas kami mengucapkan terima kasih kepada manajemen Sido Muncul yang telah berpartisipasi aktif dalam kegiatan penanggulangan bencana ini. Dari TNI, sebagai langkah pertama, akan kami salurkan langsung ke Satgas Tanggap Darurat di Palu,” ucap Laksda TNI Ir. Bambang Nariyono, M.M, Asisten Logistik (Aslog) Panglima.

Sebelumnya Sido Muncul telah menyalurkan sumbangan melalui Metro TV untuk para korban gempa.

Penulis: Dana Delani

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas