Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Sisa Setahun Pemerintahan Jokowi, Ini Fokus Program Menteri Luar Negeri

Program prioritas tersebut diantaranya diplomasi kemanusiaan, diplomasi perdagangan serta diplomasi kemaritiman

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Sisa Setahun Pemerintahan Jokowi, Ini Fokus Program Menteri Luar Negeri
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Menteri Luar Negeri, Retno LP Marsudi menyebutkan ada empat program prioritas yang akan terus dilanjutkan di sisa satu tahun kepemimpinan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Program prioritas tersebut diantaranya diplomasi kemanusiaan, diplomasi perdagangan serta diplomasi kemaritiman yang berhubungan dengan kebijakan di sektor kelautan Indonesia. 

"Kita akan melanjutkan di empat prioritas kita diplomasi kemanusiaan kita sangat kuat,  diplomasi perdagangan sangat kuat, kita juga masalah kemaritiman sehingga ocean diplomasi kita kuat," kata Retno saat ditemui di Kota Kasablanka, Sabtu (20/10/2018).

Untuk meningkatkan diplomasi kemaritiman, Indonesia akan menjadi tuan rumah pertemuan Our Ocean Conference (OOC) 2018 yang akan digelar di Bali pada 29-30 Oktober 2018.

"Kita akan menjadi tuan ruman OOC akhir Oktober sehingga pada saat bicara mengenai diplomasi perdamaian nantinya nama Indonesia akan terangkat," papar Retno.

Adapun menurut Menteri Retno banyak tantangan terbesar yang ia hadapi sepanjang menjadi Menteri Luar Negeri namun dengan penuh semangat Retno mengatakan kalau akan ada hal-hal baik yang terjadi jika terus berharap.

BERITA TERKAIT

"Sangat uncertain, banyak sekali turbulence,
tetapi sekali lagi kita tidak boleh kehilangan hopes karena ditengah tantangan dan all the uncertainties ada hal-hal yang positif yang muncul ditengah situasi tidak menentu ini," pungkas Retno.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas