Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Puluhan Orang Deklarasikan Penolakan Ormas Radikal di Bajra Sandhi Renon

Puluhan orang dari berbagai latar belakang agama yang berbeda melakukan aksi menolak ormas radikal di depan Monumen Bajra Sandhi, Renon, Denpasar, Rab

Editor: Samuel Febrianto

TRIBUNNEWS.COM, BALI - Puluhan orang dari berbagai latar belakang agama yang berbeda melakukan aksi menolak ormas radikal di depan Monumen Bajra Sandhi, Renon, Denpasar, Rabu (31/10/2018) siang.

Mereka memulai aksinya dari parkir timur Lapangan Renon dan berjalan menuju ke depan Monumen Bajra Sandhi sambil menganyikan lagu Indonesia Raya.

Spanduk ajakan untuk menolak radikalisme pun dibentangkan.

Mereka juga berteriak, "NKRI Harga Mati!"

Baca: Nikah di Jepang, Maia Estianty Boyong MUA, Penata Rambut, hingga Fotografer dari Indonesia

Ketua Umum Forum Peduli NKRI, Bima Moka Jatmika mengatakan pergerakam ini merupakan panggilan hati nurani masyarakat di Bali, lintas agama, lintas etnis.

"Kami berkumpul atas apa yang terjadi beberapa waktu lalu atas isu agama yang masih menjual, juga mencari pangung dengan domain agama dan merusak tatanan negara dan merusak apa yang ada di bangsa ini," kata Jamika di sela-sela aksi.

Ia juga berharap jangan sampai persatuan agama, etnis, kelompok yang sudah terjalin rusak karena satu kelompok yang ingin merusak tatanan yang ada.

Baca: Tantri Namirah Ungkap Perasaannya Setelah Tahu Sepupu Haykal Kamil Jadi Korban Lion Air Jatuh

BERITA TERKAIT

"Kita ingin meyakinkan semua etnis agar tidak terpangcing hal-hal yang sifatnya radikal. Dan Bali menolak ormas radikal, menolak HTI. Kami masih bersatu, Bali menolak itu," katanya.

Berikut pernyataan lengkap mereka:

Kami datang dari berbagai kelompok agama, adat budaya, organisasi masyarakat, dan organisasi kepemudaan dengan ini melepaskan atribut untuk bersatu menjaga, mengawasi, dan menolak HTI dan atau Paham Khilafah

Kelompok penganut Paham Khilafah masih bergerak dari rumah ke rumah, dari orang ke orang secara terselubung, dengan menggunakan atribut keagamaan, seolah olah mereka merupakan kelompok sebuah agama, sesungguhnya mereka adalah kelompok orang yang menyesatkan, beraliran Paham Khilafah atau Komunis Gaya Baru.

Maka dari itu, kami dengan tegas menolak HTl dan Paham Khilafah masuk di Pulau Dewata, Demi Tegaknya NKRI Tercinta.

Setelah berorasi di depan Bajra Sandhi, mereka melakukan long march mengelilingi Lapangan Renon. (*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas