Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ingin Pastikan Bunyi Black Box, Kopaska Turunkan 52 Personel

Hal itu dilakukan guna memastikan keberadaan kotak hitam berdasarkan petunjuk bunyi ping dari Pesawat Lion PK-LQP

Penulis: Amriyono Prakoso
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Ingin Pastikan Bunyi Black Box, Kopaska Turunkan 52 Personel
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Petugas gabungan membawa kantong berisi puing pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh di perairan Tanjung Karawang di Posko Evakuasi Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (31/10/2018). Memasuki hari ke-3 pencarian, petugas gabungan terus melakukan pencarian puing pesawat Lion Air JT 610 dan korban. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Amriyono Prakoso

TRIBUNNEWS.COM, KARAWANG - Komandan Satuan Kopaska Koarmada 1 Kolonel Laut Johan Wahyudi menjelaskan sebanyak 52 personel timnya segera bergerak ke laut dari Pantai Tanjung Pakis Karawang, Kamis (1/11/2018).

Hal itu dilakukan guna memastikan keberadaan kotak hitam berdasarkan petunjuk bunyi 'ping' dari Pesawat Lion Air PK-LQP nomor penerbangan JT 610.

"Yang penting, kita harus meyakinkan dulu bahwa memang itu adalah objek kotak hitam," katanya.

Baca: Pesawat Lion Air JT 610 Jatuh Di Lokasi Penangkapan Udang

Dirinya menjelaskan saat ini tidak ada perluasan area pencarian dari hari sebelumnya. Lokasi dugaan terpendamnya Kotak Hitam, berada di jarak 9 Nautical Mile ke arah utara dari pantai Tanjung Pakis.

Apabila, sudah dapat dipastikan bahwa bunyi Ping yang sempat didengar itu adalah Kotak Hitam dari pesawat Lion Air JT 610, maka pihaknya juga akan menurunkan Remotely Operated Vehicle (ROV) ke dalam laut.

"Yang terpenting kita pastikan dulu titiknya. Kalau sudah pasti, baru kita libatkan 'remote operated vehicle' (ROV)," jelasnya.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas