Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Prodem: Sudah Tepat Langkah Menhub Pecat Direktur Teknik Lion Air

Sekjen Jaringan Aktivis Pro Demokrasi (ProDem), Satyo Purwanto mengacungi jempol keberanian Menteri Perhubungan (Menhub),

Penulis: FX Ismanto
zoom-in Prodem: Sudah Tepat Langkah Menhub Pecat Direktur Teknik Lion Air
Warta Kota/henry lopulalan
KORBAN PESAWAT JATUH-Pegawai Kementerian Keuangan berdiri di depan tulisan ucapan belasungkawa kecelakaan pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh, di kantor Kemenkeu, Jakarta, Selasa (30/10/2018). Sebanyak 21 pegawai Kementerian Keuangan menjadi korban dalam kecelakaan Pesawat Lion Air JT 610 di Tanung Kerawang. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fx Ismanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sekjen Jaringan Aktivis Pro Demokrasi (ProDem), Satyo Purwanto mengacungi jempol keberanian Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi yang memecat Direktur Teknik Lion Air atas tergadi kecelakaan Pesawat Lion Air di Tanjung Pakis Karawang, belum lama ini.

Aktivis 98 yang akrab disapa Komeng ini menilai pemecatan tersebut sudah tepat, mengingat maskapai ini sudah terlalu banyak masalah, mulai dari delay sampai pelayanan yang kerap mendapat protes konsumen.

“Pemecatan ini sudah tepat, meskipun jika di lihat dari jumlah korban harus ada sanksi lebih besar lagi. Apalagi maskapai ini banyak masalah. Saya mengusulkan maskapai ini ditutup saja,” kata Komeng kepada wartawan, Jumat (2/11/2010).

Komeng menyarankan, selama proses penyelidikan ada baiknya Lion Air ini izin terbangnya ditutup terlebih dahulu untuk semua rute. Karena ini bukan hanya keluarga korban yang dirugikan, pemerintah juga dirugikan. “Kita semua berempati dan berduka kepada keluarga korban, tapi ada baiknya ini kita serahkan semuanya kepada pihak yang berwenang, tidak ada komentar-komentar lain apalagi mengaitkan kepada kinerja Kemenhub yang dalam hal ini sudah bekerja keras,” tegasnya.

Tidak hanya itu, Kemenhub dengan KNKT ujar Komeng harus melakukan investigasi secara mendalam atas kejadian ini. Permasalahan yang ada di Lion Air ini sudah kerap terjadi, artinya ada managemen yang bokbrok di dalamnya. Padahal, dalam sebuah industry transportasi, keselamatan adalah yang paling utama.

“Lion ini sudah sering terjadi, saya minta investigasi semua pesawat Lion, ini untuk memberikan efek jera. Karena dalam kecelakaan ini jangan sampai menimbulkan citra negatif dunia internasional kepada penerbangan Indonesia,” ungkapnya.

BERITA TERKAIT

Komeng menambahkan, kasus ini harus menjadi pelajaran semua pihak. Termasuk maskapai penerbangan lain. Dan untuk Kemenhub segera melakukan langkah tegas lainnya, kalau perlu kata dia, pecat Direktur Utama Lion Air. “Jika dalam investigasi ditemukan pelanggaran, sebaiknya pecat Direktur Utama dan tutup Maskapai ini, ini agar ada komitmen dan perbaikan dalam dunia penerbangan Indonesia,” tandasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas