Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Penjelasan Kratos Garage soal Lampu Chopper Jokowi Mati

Hal itu membuat si pengendara harus menyalakan terlebih dahulu lampu dengan menekan saklar sebelum melaju

Editor: Imanuel Nicolas Manafe
zoom-in Penjelasan Kratos Garage soal Lampu Chopper Jokowi Mati
TRIBUN/TRIBUNNEWS/BIRO PERS/MUCHLIS
Presiden Joko Widodo (berjaket merah) mengendarai motor Kawasaki W 175 custom menuju Pasar Anyar, Tangerang, Banten, Minggu (4/11/2018). Presiden blusukan ke pasar untuk mengecek harga kebutuhan pokok dan mencocokkan dengan angka inflasi. TRIBUNNEWS/BIRO PERS/MUCHLIS 

TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG SELATAN - Iman, perwakilan Kratos Garage, yang membangun motor modifikasi chopper bobber yang digunakan Presiden Joko Widodo saat blusukan di Tangerang, Banten, pada Minggu (4/11/2018) memberikan penjelasan soal matinya lampu motor.

Saat memacu kuda besinya, lampu motor Jokowi dalam kondisi tak hidup. Hal itu menimbulkan pertanyaan, sebab menyalakan lampu di siang atau malam hari jelas tercatat dalam Undang-Undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas.

Baca: Cuma Bengkel Ini yang Dipercaya Urus Chopper Jokowi

Di garasinya, Jalan Cempaka 1, Rengas, Ciputat Timur, Tangerang Selatan Iman menerangkan, motor Jokowi yang dibangun bergaya chopper bobber itu hampir dirombak total, hanya bagian mesin saja yang tidak disentuh.

Termasuk bagian lampu utama, sesuai desain yang disepakati, lampu depan Kawasaki W175 itu diganti dengan Daymaker 5,75 inci.

Pergantian lampu dari pabrikan menjadi hasil modifikasi itu, juga membuat Katros Garage harus mengubah sistem automematic headlamp on (AHO) menjadi sistem saklar.

Hal itu membuat si pengendara harus menyalakan terlebih dahulu lampu dengan menekan saklar sebelum melaju.

"Lampunya itu kita ganti pakai Daymaker, itu kan bukan aslinya, dia LED. Kalau LED itu dia kan butuh arusnya yang konstan, dari DC dong, sementara motor sendiri pembangkit tenaganya AC, ngambil dari aki. Yang kita takutin, ini kan motor bukan 'harian' yang sering dinyalain, kita takut tekor. Akirnya kita bikin saklar," papar Iman.

BERITA TERKAIT

Katros Garage meminta langsung kepada staf kepresidenan untuk menghubungi pihaknya ketika Presiden Jokowi akan menggunakan motornya.

Maksudnya, agar Iman dan kawan-kawan bisa memastikan langsung kondisi kesiapan motor sebelum dikendarai orang nomor satu di Republik Indonesia itu.

Ia tidak mengetahui sampai akhirnya Presiden Jokowi kedapatan tak menyalakan lampu saat mengendarai motor baru yang memakan waktu modifikasi hingga dua bulan itu.

Hal itu sudah dilakukan saat Presiden Jokowi diagendakan akan mengendarai chopper bobber terbarunya itu.

Hari sebelumnya pihak Katros mengecek dan sudah memberikan penekanan pada bagian-bagian tertentu agar menjadi perhatian.

Baca: Yusril Jadi Pengacara Jokowi-Maruf, Begini Tanggapan Jubir HTI

"Iya jadi malam itu kita sampai jam 11 malam di sana ngecek (kondisi motor, red)," ujar Iman.

Iman, perwakilan Katros Garage, yang membangun motor Jokowi memberikan penjelasan saat ditemui TribunJakarta.com di markasnya di Jalan Cempaka 1, Rengas, Ciputat Timur, Tangerang Selatan.

Penulis: Jaisy Rahman Tohir

Berita ini telah tayang di Tribunjakarta.com dengan judul: Soal Lampu Motor Jokowi Mati, Ini Penjelasan Katros Garage

Sumber: TribunJakarta
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas