Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Pemilu 2019

Ini Alasan Polri Perpanjang Satgassus Papua hingga Pemilu 2019

Adapun perpanjangan itu disebut Dedi untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas serta melakukan penegakan hukum.

Ini Alasan Polri Perpanjang Satgassus Papua hingga Pemilu 2019
Vincentius Jyestha/Tribunnews.com
Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Karopenmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan satuan tugas khusus (Satgassus) Polri untuk Papua diperpanjang operasionalnya hingga pelaksanaan Pemilu 2019.

Adapun perpanjangan itu disebut Dedi untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas serta melakukan penegakan hukum.

Penegakan hukum itu, kata dia, seperti yang dilakukan kepada Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) saat tokoh masyarakat dan polisi membawa logistik pilkada di Distrik Torere, Puncak Jaya, Juni 2018.

“Secara masif Satgas Papua akan diperpanjang dalam rangka untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas saat pemilu tahun 2019," ujar Dedi di Rupatama Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (26/11/2018).

"Sudah melakukan penegakan, baik pelaku serta amunisi telah disita penegakan hukum yang dilakukan oleh Satgas Papua," imbuhnya.

Selain itu, tim Satgassus Papua ini memiliki tugas lain yakni menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat Papua, serta edukasi.

Adapun edukasi dilakukan oleh bidang pembinaan masyarakat (Binas) Polri untuk fokus membantu masyarakat Papua untuk bercocok tanam dan beternak.

Baca: Sebelum Baiq Nuril, Banyak Korban Pelecehan Lainnya yang Tidak Berani Melapor

“Saat ini yang justru dikembangkan binas noken. Kita menggunakan sangat persuasif kepada masyarakat Papua dalam rangka meningkatkan kemampuan, mencerdaskan anak-anak Papua dengan binas noken,” jelasnya.

Jenderal bintang satu itu menegaskan hal itu dilakukan untuk mengantisipasi dan mencegah aksi teror KKB saat Pemilu 2019 di Papua.

"Jangan sampai mengacu pada 2018 ada kejadian yang mengakibatkan gugurnya anggota Polri. Di tahun 2019, kami perpanjang lagi kebijakan Polri dalam rangka meminimalisir dan mitigasi ancaman dari serangan KKB,” pungkasnya.

Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Johnson Simanjuntak
  Loading comments...

Berita Terkait :#Pemilu 2019

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas