Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Potensi Kerawanan Cukup Tinggi, 13 Polda Jadi Prioritas Operasi Lilin 2018

Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan terdapat 13 Polda yang menjadi prioritas dalam Operasi Lilin tahun ini.

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Sanusi
zoom-in Potensi Kerawanan Cukup Tinggi, 13 Polda Jadi Prioritas Operasi Lilin 2018
TRIBUN MEDAN/RISKI CAHYADI
ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Operasi Lilin 2018 akan digelar jelang akhir tahun ini, yakni 22 Desember 2018 hingga 2 Januari 2019.

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan terdapat 13 Polda yang menjadi prioritas dalam Operasi Lilin tahun ini.

Ia menyebut ke-13 wilayah itu dinilai memiliki potensi tingkat kerawanan yang cukup tinggi. Terutama jelang perayaan hari raya Natal 2018 dan peringatan Tahun Baru 2019.




Adapun Polda yang dimaksud antara lain adalah Polda Sumatera Utara, Lampung, Banten, Metro Jaya, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jawa Timur, Bali, Sulawesi Utara, Maluku, Nusa Tenggara Timur, dan Papua.

“Kita memiliki titik Polda prioritas atau potensi kerawanan yang cukup tinggi. Dari berbagai aspek baik kejahatan konvensional maupun kejahatan transnasional menjadi fokus polisi,” ujar Dedi, di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (27/11/2018).

Dedi menjelaskan jika kejahatan transnasional yang dimaksud adalah penyelundupan narkoba dan aksi terorisme.

Terkait narkoba, ia mengatakan pihaknya akan memperkuat pintu masuk dan keluar orang maupun barang dari luar negeri.

BERITA TERKAIT

Selain itu, pihaknya juga akan memperkuat keberadaan anggota Polri dan TNI untuk melakukan pemantauan di wilayah perbatasan, baik perbatasan laut maupun darat.

"Untuk darat, khususnya di wilayah Kalimantan itu Kalimantan Barat dan Kalimantan Timur ini merupakan daerah yang kami anggap merah terhadap penyelundupan narkoba," jelasnya.

Sementara itu, ia menyebut Aceh, Riau dan Kepulauan Riau termasuk dalam wilayah rawan masuknya narkoba via jalur laut.

Karenanya, jenderal bintang satu itu menegaskan akan memperketat pengamanan di pelabuhan untuk mengantisipasi masuknya narkoba.

"Kenapa wilayah laut? Karena garis pantai tidak semua bisa dipantau, sangat panjang dari mulai Sabang sampai ke bawah. Baik pelabuhan resmi maupun 'pelabuhan tikus', kita pantau," jelasnya lagi.

Diketahui, Polri menyiapkan 94.946 personel dalam Operasi Lilin pengamanan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

“Pak Kapolri mengumpulkan seluruh Kapolda nanti (dalam rangka Operasi Lilin) akan ditindaklanjuti di Semarang tanggal 10 Desember, salah satu perintah Pak Kapolri dalam Operasi Lilin ini Polri menerapkan 94.946 personel,” kata Dedi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas