Tribun

Suasana Lenggang Rapat Paripurna DPR Ke 9

Pimpinan sidang yakni Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menyebut bahwa sebanyak 289 anggota dewan yang hadir sehingga rapat kuorum.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Johnson Simanjuntak
Suasana Lenggang Rapat Paripurna DPR Ke 9
Taufik Ismail/Tribunnews.com
Rapur Ke 9 DPR RI 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Suasana lenggang tampak pada Rapat Paripurna DPR RI ke 9 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, (3/12/2018).

Banyak anggota DPR tidak hadir sehingga terlihat deretan kursi kosong dalam rapat paripurna yang membahas sejumlah Rancangan Undang-undang (RUU) dan pergantian antar waktu (PAW) lima anggota DPR tersebut.

Pimpinan sidang yakni Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menyebut bahwa sebanyak 289 anggota dewan yang hadir sehingga rapat kuorum.

" 289 anggota yang sudah menandatangani absen kehadiran dari seluruh fraksi. Kuorum telah tercapai," kata Fahri dalam rapat.

Adapun rapat beragendakan pengambilan keputusan terhadap Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Serah Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam (SSKCKR).

Lalu, penentuan keputusan apakah RUU tentang Minyak dan Gas Bumi menjadi usul DPR. Terkahir yakni pembahasan perpanjangan RUU tentang Larangan Minuman Beralkohol dan RUU tentang Pertembakauan.

Baca: Moeldoko: Hoaks Tak Hanya Rugikan Pemerintah Tapi Juga Demokrasi Dan Peradaban Kita

Sebelum pembahasan sejumlah RUU diatas, terlebih dahulu dilakukan pergantian antar waktu (PAW) empat anggota DPR dari Fraksi Hanura dan satu anggota dewan dari fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Mereka yang di PAW dari fraksi Hanura yakni HA Ferdinand Sampurna Jaya, yang dilantik menggantikan Frans Agung Mula Putra, dari daerah pemilihan (dapil) Lampung I. Lalu Erislan menggantikan Dadang Rusdiana dari dapil Jabar II. Erik Adtrada Ritonga menggantikan Rufinus Hotmaulana Hutauruk dari dapil Sumut II, dan Timbul P Manurung menggantikan Moh Arief S Suditomo dari dapil Jabar I, sementara itu dari Fraksi PPP yakni Lukma Hakim Hasibuan menggantikan Fadly Nurzal dari Dapil Sumatera Utara III.

Sementara itu dari pantauan Tribunnews terhadap daftar abesensi rapat paripurna, sebanyak 151 orang hadir dan138 anggota lainnya berstatus izin.

Daftar tersebut diantaranya:
1. Fraksi PDIP: 27 dari 109 anggota

Halaman
123
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas