Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
TribunNews | PON XX Papua
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Jokowi: Jangan Minta Instan, Semuanya Perlu Proses

Presiden Joko Widodo mengatalam membangun negara menjadi lebih baik memerlukan proses dan tidak bisa dilakukan secara sekejap atau instan.

Jokowi: Jangan Minta Instan, Semuanya Perlu Proses
Tribunnews.com/Seno Tri Sulistiyono
Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Negara Iriana Jokowi berbincang bersama Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah di kedai kopi Ring Road Coffee, Aceh, Jumat (14/12/2018) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, ACEH - Presiden Joko Widodo mengatalam membangun negara menjadi lebih baik memerlukan proses dan tidak bisa dilakukan secara sekejap atau instan.

Menurut Jokowi pembangunan infrastruktur yang dilakukan pemerintah di berbagai daerah dalam empat tahun terakhir sebagai bentuk memperkuat pilar ekonomi dan saat prosesnya kadang-kadang dirasakan pahit maupun sakit.

Baca: OJK Sebut Tak Ada Satu pun Korban Pinjaman Online Datang Melapor dan Bawa Alat Bukti

"Memang ini kan baru tahapan-tahapan yang kita kerjakan semuanya perlu proses, jangan minta instan, enggak ada di dunia manapun, apalagi kita sebagai negara besar, enggak mungkin semua dikerjakan instans," kata Jokowi dalam acara peletakan batu pertama pembangunan tol Banda Aceh-Sigli, Aceh, Jumat (14/12/2018).

Menurut Jokowi, tahun depan pemerintah akan fokus kepada tahapan selanjutnya yaitu pembangunan sumber daya manusia dari sebelumnya menggencarkan proyek infrastruktur seperti jalan tol, waduk, pembangkit listrik, dan lain-lainnya.

Baca: Pas Didaki di Tahun Baru, Ini 4 Gunung di Jawa Tengah yang Ketinggiannya Tak Sampai 3.000 Mdpl

"Ada strategi pergeseran karena itu juga merupakan prasyarat bagi pembangunan yang kokoh untuk ekonomi makro kita," ujar Jokowi.

Saat peresmian pembangunan tol Banda Aceh-Sigli, Jokowi menyakini tol Trans Sumatera dari Lampung sampai Aceh akan rampung pada 2024.

Jokowi yang didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo menyampaikan peletakan batu pertama pembangunan tol Banda Aceh-Sigli merupakan bagian konstruksi jalan tol dari Aceh menuju Bakauheni, Lampung.

Baca: BPTJ Butuh Rp 600 Triliun Untuk Benahi Transportasi Jabodetabek Hingga 2029

Menurutnya, pembangunan tol dari Bakauheni ke Aceh banyak diragukan oleh orang dapat selesai dengan baik, tetapi saat ini tol Bakauheni sampai Terbanggi Besar sepanjang 148 kilo meter pada akhir Desember 2018 sudah dapat diresmikan.

Kemudian dari ruas Bakauheni ke Palembang juga akan tersambung pada April 2019 sepanjang 350 kilo meter.

"Dari Bakauheni sampai ke titik nol di Aceh ini, mungkin orang juga akan sangsi (ragukan). Saya menyakini nanti 2024 dari Bakauheni sampai titik ini (Banda Aceh) Insya Allah akan sambung sepanjang kurang lebih 2 ribu kilo meter di tambah cabang-cabangnya 700 kilo meter, artinya totalnya 2.700 kilo meter," kata Jokowi.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas