Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Polisi Pastikan Tidak Ada Unsur Kesengajaan Dalam Kasus Tercecernya E-KTP di Sejumlah Tempat

Bareskrim Polri memastikan tidak ada unsur kesengajaan dalam kasus tercecernya KTP elektronik di sejumlah tempat di Indonesia.

Penulis: Rizal Bomantama
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Polisi Pastikan Tidak Ada Unsur Kesengajaan Dalam Kasus Tercecernya E-KTP di Sejumlah Tempat
KOMPAS.com/DAVID OLIVER PURBA
Sebuah karung berisi ribuan KTP elektronik (e-KTP) ditemukan berceceran di kawasan sawah yang berada di Jalan Karya Bakti III, Kelurahan Pondok Kopi, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur. Ribuan e-KTP tersebut milik warga Kelurahan Pondok Kelapa, Kecamatan Duren Sawit, Jakart Timur, Sabtu (8/12/2018). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rizal Bomantama

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Kombes Agus Nugroho mengatakan tidak ada unsur kesengajaan dalam kasus tercecernya KTP elektronik di sejumlah tempat di Indonesia.

Sebelumya di Padang Pariaman, Sumatera Barat ditemukan sekitar 3 ribu KTP elektronik di pekarangan warga pada tanggal 6 Desember 2018.

Dua hari berselang ditemukan sekarung KTP elektronik di kawasan Duren Sawit, Jakarta Timur.

Baca: Bareskrim Polri Imbau Masyarakat Tidak Gunakan Jasa Pembuatan KTP Elektronik Lewat Online

“Setelah dilakukan penyelidikan dua kasus itu kami menemukan fakta bahwa tidak ada faktor kesengajaan, kedua kejadian itu terjadi karena faktor kelalaian serta tak adanya sarana penyimpanan atau pemusnahan,” ungkap Agus ditemui di Bogor, Jawa Barat, Rabu (19/12/2018).

Agus juga mengatakan bahwa penyelidikan atas kasus tersebut resmi dihentikan dan diserahkan sepenuhnya kepada Kementerian Dalam Negeri khususnya Ditjen Dukcapil.

Baca: Penggalian Sumur Septic Tank Berujung Ditemukannya Puluhan Kerangka Manusia Korban Tsunami Aceh

“Termasuk pemberian sanksi administrasi kepada pejabat terkait dan yang bertanggung jawab atas penanganan KTP-el,” imbuhnya.

BERITA REKOMENDASI

Untuk menghindari kasus KTP elektronik tercecer lagi, Kemendagri melaksanakan pemusnahan 1,3 KTP elektronik yang rusak atau datanya tak valid di kawasan Bogor.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas