Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jokowi Minta Jajarannya Gerak Cepat Tangani Dampak Tsunami Pantai Selat Sunda

Presiden Joko Widodo telah memerintahkan kepada jajarannya untuk bertindak cepat dalam penanganan pasca bencana tsunami di pantai Selat Sunda.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Jokowi Minta Jajarannya Gerak Cepat Tangani Dampak Tsunami Pantai Selat Sunda
Tribunnews.com/Seno Tri Sulistiyono
Presiden Joko Widodo menemui puluhan pemuka agama di lingkungan Gereja Katolik Hati Tak Bernoda SP Maria Makele di Jalan Musa, Minggu (23/12/2018). TRIBUNNEWS.COM/SENO TRI SULISTIYONO 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, TORAJA - Presiden Joko Widodo telah memerintahkan kepada jajarannya untuk bertindak cepat dalam penanganan pasca bencana tsunami di pantai Selat Sunda.

"Tadi pagi sudah saya perintahkan ke Kepala BNPB, Menteri Sosial, Penglima TNI dan semua sudah bergerak di lapangan," ujar Jokowi seusai menghadiri acara Perayaan Natal Oikumene bersama masyarakat Toraja di Plaza Kolam Makale, Tana Toraja, Minggu (23/12/2018).

Jokowi mengaku telah mendapatkan informasi terkait jumlah korban meninggal akibat bencana tsunami yang terjadi pada Sabtu malam kemarin, tetapi laporan tersebut masih dapat berkembang ke depannya.

"Pagi tadi saya telepon masih sedikit (korban) dan tadi siang tadi saya telepon juga, ya kita tunggu aja nanti laporan dari sana," papar Jokowi.

Tidak lupa, Jokowi pun menyampaikan rasa duka cita yang mendalam kepada keluarga korban yang meninggal akibat tsunami di Banten, Serang, dan Pandeglang.

Baca: Update Korban Tsunami Banten dan Lampung: 43 Meninggal Dunia, 584 Luka-luka, 2 Hilang

"Semoga yang ditinggalkan diberikan kesabaran," ucap Jokowi.

BERITA REKOMENDASI

Sementara terkait alat pendeteksi dini tsunami yang rusak dan dikeluhkan BNPB tidak ada anggarannya untuk membeli kembali, Jokowi menilai saat ini pemerintah fokus dulu ke penanganan pasca tsunami.

"Intinya kita ingin ada tanggap darurat, ini dikerjakan di lapangan dengan cepat dan sebaik-baiknya" kata Jokowi.

Ratusan warga Telukbetung, Bandar Lampung mengungsi ke Balai Keratun Pemprov Lampung, Minggu, 23 Desember 2018 pagi.
Ratusan warga Telukbetung, Bandar Lampung mengungsi ke Balai Keratun Pemprov Lampung, Minggu, 23 Desember 2018 pagi. (Tribun Lampung/Hanif Mustafa)

Tsunami menerjang sejumlah pantai di Selat Sunda, di antaranya di pantai di Kabupaten Pandeglang, Serang, dan Lampung Selatan pada Sabtu (22/12/2018) sekira pukul 21.37 WIB.

Tsunami tersebut diduga dipicu oleh aktivitas vulkanik Gunung Anak Krakatau dan gelombang pasang akibat pengaruh bulan purnama.

Hingga Minggu (23/12/2018) pukul 07.00 WIB, BNPB mencatat setidaknya 43 orang tewas, 584 orang luka-luka serta dua orang menghilang akibat peristiwa tersebut.

Sementara kerugian fisik meliputi 430 unit rumah rusak berat, sembilan hotel rusak berat, dan 10 kapal rusak berat, dan puluhan lainnya rusak.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas