Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Pemilu 2019

KPU Targetkan Produksi dan Distribusi Surat Suara Selesai Maret 2019

KPU RI menargetkan produksi dan distribusi surat suara sudah selesai pada pertengahan Maret 2019. Proses distribusi tersebut diharapkan sampai ke

KPU Targetkan Produksi dan Distribusi Surat Suara Selesai Maret 2019
Kompas.com/PRIYOMBODO
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Glery Lazuardi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - KPU RI menargetkan produksi dan distribusi surat suara sudah selesai pada pertengahan Maret 2019. Proses distribusi tersebut diharapkan sampai ke seluruh Indonesia.

Pernyataan itu disampaikan Komisioner KPU RI, Pramono Ubaid Tanthowi.

"Kalau target kami itu pertengahan bulan Maret. Jadi kira-kira 60 hari produksi dan distribusi sudah sampai kabupaten/kota. Jadi 60 hari mudah-mudahan sudah selesai," kata Pramono ditemui di kantor KPU RI, Jumat (4/1/2019).

Setelah proses produksi dan distribusi selesai, kata dia, selama satu bulan terakhir sebelum tahapan pemilu merupakan waktu yang digunakan KPU kabupaten/kota beserta seluruh jajaran melakukan penyortiran.

Baca: Mahfud MD: Tweet Andi Arief Itu Termasuk Hoaks

Menurut dia, penyortiran perlu dilakukan, karena kadang-kadang surat suara yang dicetak itu ada yang rusak, ada yang berwarna buram dan ada yang garis miring-miring.

"Itu biasa lah. Proses di mana kan begitu. Itu dilakukan proses penyortiran secara ketat," kata dia.

Nantinya, kata dia, KPU mendistribusikan hingga ke Kelurahan sampai di tingkat tempat pemungutan suara (TPS) itu atau waktunya satu bulan terakhir sebelum pemungutan suara.

Untuk daerah kondisi geografis berat, seperti Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Utara akan diprioritaskan untuk pengiriman logistik.

"Jadi distribusi di tingkat kabupaten/kota itu menjadi satu kesatuan dan tanggung jawab bagi perusahaan yang memenangkan lelang sudah include," tambahnya.

Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Malvyandie Haryadi
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas