Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Pembangunan Infrastruktur dan SDM Kunci Keluar dari Jebakan Negara Berpendapatan Menengah

Oleh sebab itu, pemerintah pada empat tahun lalu telah membangun berbagai infrastruktur di seluruh Tanah Air

Pembangunan Infrastruktur dan SDM Kunci Keluar dari Jebakan Negara Berpendapatan Menengah
Seno Tri Sulistiyono/Tribunnews.com
Jokowi saat membuka Rembuk Nasional Pendidikan di Depok 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan Indonesia tidak boleh terjebak dalam negara berpendapatan menengah, yang akhirnya menjadi sulit sebagai negara maju.

Oleh sebab itu, pemerintah pada empat tahun lalu telah membangun berbagai infrastruktur di seluruh Tanah Air dan pada 2019 fokus kepada pembangunan sumber daya manusia berkualitas.

"Kita bergeser ke pembangunan selanjutnya harus ada pergeseran stategi. Setelah infrastruktur kita akan masuk kepada yang namanya pembangunan sumber daya manusia secara besar besaran," ujar Jokowi dalam acara Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan di Depok, Jakarta, Selasa (12/2/2019).

Menurut Jokowi, dalam membangun SDM yang berkualitas maka peran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sangat penting dalam pengembangan SDM.

"Prasyarat kita keluar untuk dari jebakan negara yang berpendapatan menengah, infrastruktur kita harus baik, sumber daya manusia kita harus baik, dua ini menjadi pra syarat supaya kita tidak terjebak kepada negara berpendapatan menengah yang tidak bisa melompat kepada negara maju," tutur Jokowi.

Baca: Jelang Debat Pilpres Kedua, Prabowo Akan Soroti Kedaulatan Pangan

Dalam meningkatkan SDM berkualitas, pemerintah telah membuat pusat-pusat peningkatan keterampilan di tingkat sekolah dan pondok pesantren.

"Apa yang kita kerjakan, vokasional training, vokasional school, politeknik, upgrading skill, semuanya harus, BLK pondok pesantren, semua harus kita kerjakan," papar Jokowi.

Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Johnson Simanjuntak
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas