Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Jokowi Serahkan Bantuan KUR ke 600 Pelaku Usaha Tani dan Ternak

Khusus lingkungan pondok pesantren, pemerintah juga memiliki program Bank Wakaf Mikro yang saat ini sedang dalam tahap pengembangan

Jokowi Serahkan Bantuan KUR ke 600 Pelaku Usaha Tani dan Ternak
Kemensos
Presiden Jokowi bagikan bansos PKH dan BPNT di Kabupaten Cilacap. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

 

TRIBUNNEWS.COM, TASIKMALAYA - Presiden Joko Widodo menyerahkan bantuan Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada kurang lebih 600 pelaku usaha tani dan ternak di Pondok Pesantren Miftahul Huda, Tasikmalaya, Rabu (27/2/2019).

Dalam sambutannya, Jokowi menyampaikan, pemerintah saat ini mendorong penyaluran KUR kepada pelaku-pelaku usaha di sektor produksi guna menggenjot produktivitasnya dapat meningkat.

"Kalau pinjam KUR bunganya berapa sih? Tujuh persen setahun. Harus tau. Karena kalau bukan KUR itu mahal, bukan segitu. Ini KUR disubsidi oleh pemerintah," kata Jokowi. 

Jokowi menjelaskan, pemerintah saat ini memiliki banyak sekali program-program kerakyatan dan umat, sehingga para pelaku UMKM diharapkan dapat memanfaatkan sejumlah program tersebut.

"Ada yang namanya program Mekaar, ada juga program yang namanya UMi. Itu lebih kecil lagi. Ini sama, bisa dipakai untuk usaha-usaha kecil-kecil yang di rumah," ucap Jokowi. 

Khusus lingkungan pondok pesantren, pemerintah juga memiliki program Bank Wakaf Mikro yang saat ini sedang dalam tahap pengembangan. 

Baca: Tukang Becak Pendukung Jokowi di Solo Ini Malam Tidur di Becak, Pulang Kampung Seminggu Sekali

"Bank Wakaf Mikro ini telah didirikan di 44 pondok pesantren. Satu pondok diberikan modal kurang lebih Rp8 miliar," tutur Kepala Negara.

"Ini sudah berjalan dua tahun. Mau kita evaluasi dan perbaiki. Nanti pondok-pondok yang lain juga akan diberikan Bank Wakaf Mikro," sambung Jokowi.

Turut hadir mendampingi Presiden, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas