Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Sekolah Binaan di Rote Ndao NTT Dapat Bantuan Air Bersih

Bantuan fasilitas tersebut serta secara resmi diterima Bupati Rote Ndao, Paulina Haning Bullu di Jakarta, Jumat (5/4/2019).

Penulis: Wahyu Aji
Editor: Fajar Anjungroso
zoom-in Sekolah Binaan di Rote Ndao NTT Dapat Bantuan Air Bersih
IST
Sekretaris Pengurus Yayasan Pendidikan Astra Michael D Ruslim (YPA-MDR) Kristanto, memberikan secara simbolis bantuan fasilitas air bersih kepada Bupati Rote Ndao NTT, Paulina Haning Bullu (kanan) di Jakarta, Jumat (5/4/2019). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Astra International Tbk melalui Yayasan Pendidikan Astra - Michael D. Ruslim (YPA-MDR) berkolaborasi dengan Grup Astra dan Main Dealer Astra Honda Motor, menginisiasi pembangunan enam titik fasilitas air bersih di sekolah binaan Kecamatan Rote Barat, Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur.

Bantuan fasilitas tersebut serta secara resmi diterima Bupati Rote Ndao, Paulina Haning Bullu di Jakarta, Jumat (5/4/2019).

"Pemberian bantuan ini merupakan visi-misi kami yakni memberikan bantuan untuk daerah prasejahtera, dimana prioritas kami adalah di Pulau Rote," ujar Sekretaris pengurus YPA-MDR, Kristanto usai acara penyerahan bantuan.

Dirinya menambahkan, selain memberikan bantuan sarana dan prasarana, YPA-MDR mengedepankan pendidikan sebagai basis utama layanan CSR yang mampu mencetak sumber daya manusia yang berkualitas.

"Melalui pendidikan, individu akan menjadi lebih maju dan punya kecerdasan sehingga bisa menggerakkan untuk memajukan daerahnya menjadi lebih sejahtera," kata Kristanto.

Sementara itu, Ketua Pengurus YPA-MDR, Herawati Prasetyo mengatakan, pembangunan fasilitas air bersih ini diharapkan juga dapat memudahkan akses air bersih dan berperan pada kebersihan dan penghijauan lingkungan sekolah binaan yang menuju sekolah sehat.

Hal ini juga sesuai pada salah satu pilar pembinaan karakter yaitu budaya bersih.

Baca: PBB: Seperempat Pusat Kesehatan di Dunia Kekurangan Air Bersih

BERITA TERKAIT

"Bantuan air bersih yang kami berikan ini berupa pembangunan fasilitas air bersih sebanyak enam titik lokasi sebagai bentuk kolaborasi PT Astra International Tbk, YPA-MDR, Yayasan Astra Honda Motor (YAHM), PT Mitra Pinasthika Mulia dan Forum Main Dealer Astra Honda untuk pemenuhan kebutuhan air bersih di sekolah," kata Herawati.

Sejalan dengan Memorandum of Understanding (MOU) yang ditandatangani oleh PT Astra International Tbk melalui YPA-MDR dengan Pemerintah Kabupaten Rote Ndao, Propinsi Nusa Tenggara Timur pada Agustus 2018, YPA-MDR secara resmi membina sekolah di Kecamatan Rote Barat dengan program pembinaan empat pilar yaitu Akademik, Karakter, Seni Budaya dan Kecakapan Hidup.

Terlebih pula sebagaimana misi besar YPA-MDR hadir di Kecamatan Rote Barat untuk menjadikan Kecamatan Rote Barat sebagai “Kecamatan Cerdas - Berprestasi”.

Hal ini pula berkenaan dengan telah ditetapkan wilayah tersebut sebagai lokasi Kampung Berseri Astra (KBA) menuju Desa Sejahtera oleh PT Astra International Tbk.

Sekolah-sekolah binaan YPA-MDR di Kecamatan Rote Barat adalah sebagai berikut, SD Inpres Boa, SD Negeri Oenggaut, SD Inpres Andaiko, SD Inpres Sedeoen, SD Negeri Manggis, SD Inpres Oenitas, SD Inpres Rinalolon, SMP N 1 Rote Barat, SMP N 2 Rote Barat, SMP N 3 Rote Barat, SMP N Satu Atap Bo’a,

YPA-MDR mendukung program pemerintah dalam memajukan mutu pendidikan di Indonesia dengan melakukan pembinaan guna meningkatkan mutu pendidikan dan menghasilkan peserta didik yang berkualitas dalam bidang akademis, berkarakter baik dan mempunyai kecakapan hidup serta mencintai seni budaya daerahnya.

Selanjutnya, YPA-MDR akan merealisasikan program pembinaan sekolah dengan konsep “Sekolah Eskalator” yang mempersiapkan anak didik yang berkualitas dan mandiri mulai tingkat SD, SMP dan SMK yang para lulusannya kelak mampu membangun daerahnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas