Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Pilpres 2019

‎8 Hari Jalan Kaki dari Wonosobo ke Jakarta Demi Jokowi, Nasihun Bekal Tiga Sandal Jepit

‎Perkenalkan pria tersebut bernama Ahmad Nasihun, warga Sojopuro, sebuah desa di Kecamatan Mojotengah, Kabupaten Wonosobo

‎8 Hari Jalan Kaki dari Wonosobo ke Jakarta Demi Jokowi, Nasihun Bekal Tiga Sandal Jepit
Theresia Felisiani/Tribunnews.com
Ahmad Nasihun rela berjalan kaki selama satu minggu lebih dari Wonosobo menuju Jakarta. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Theresia Felisiani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Siapa yang menyangka, saat kampanye akbar pasangan nomor urut 01 bertema Konser Putih Bersatu, Sabtu (13/4/2019), ada pendukung Jokowi-Ma'ruf Amin yang berjalan kaki selama 8 hari penuh dari Wonosobo ke Jakarta, siapa dia?

‎Perkenalkan pria tersebut bernama Ahmad Nasihun, warga Sojopuro, sebuah desa di Kecamatan Mojotengah, Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah.

Tribunnews.com menemui Ahmad Nasihun tanpa sengaja di bawah fly over atau kolong Semanggi. Kebetulan saat itu, Ahmad Nasihun ‎tengah berjalan kaki diantara ribuan peserta konvoi dan karnaval budaya.

Baca: Sejak Subuh Satpol PP Kota Padang Tertibkan APK di Sejumlah Titik

Baca: Ustaz Abdul Somad Buka Suara setelah Namanya Dicatut Akun Said Didu yang Diretas

Penampilan Ahmad Nasihun berbeda dengan yang lain. Dia melapisi bajunya dengan terpal putih bergambar wajah Jokowi-Ma'ruf Amin lengkap dengan nomor urut 01.

Diterpal itu tertulis : Saya warga Wonosobo ingin bertemu Bp Ir H Joko Widodo untuk menyerahkan dukungan warga Wonosobo. Madep Mantep Pilih Jokowi-Amin, Ojo Lali Yo ‎Sedulur, Tanggal 17 April Coblos No 01.

Rupanya terpal ini sengaja digunakan Ahmad Nasihun sebagai jas hujan. Lainnya, pria yang sehari-hari bekerja sebagai buruh bangunan itu membawa topi merah yang dihiasi pin bergambar ‎Jokowi-Ma'ruf Amin.

Lanjut, pria berkumis ini melindungi lehernya menggunakan syal batik dari panasnya matahari. Di bagian belakang, sebuah tan ransel selalu digendongnya selama perjalanan.

Berbincang dengan Tribunnews.com, soal bekal selama perjalanan. Ahmad Nasihun tidak pelit berbagi cerita. Dia mengaku di ranselnya hanya berisi beberapa potong ‎baju, sepatu, serta tiga sendal jepit.

"‎Di tas ransel, saya cuma bawa sendal jepit tiga dan satu sepatu. Baju cuma bawa dua, lainnya kan kadang dikasih relawan kalau bertemu di jalan. Selain itu saya juga bawa bendera berisi ribuan dukungan warga Wonosobo untuk Pak Jokowi," papar Ahmad Nasihun.

Selama delapan hari menempuh perjalanan selama beratus-ratus kilometer, dia mengaku selalu berjalan kaki. Lantas apa yang membuatnya kuat?
Ternyata rahasianya sama seperti Jokowi, Ahmad Nasihun tidak pernah absen minum jamu.

Baca: Lionel Messi Mampu Mengubah Hal Sulit Menjadi Mudah untuk Barcelona

"Saya minum jamu biar tidak masuk angin, lalu kalau malam saya banyak makan buah. Delapan hari saya sampai di Jakarta, jalan kaki sendirian, ya panas kepanasan, kulit saya kayak mateng. Lalu kalau hujan ya kedinginan‎," tuturnya.

Meski begitu, dia mengaku ikhlas melakoni perjalanan panjangnya demi Jokowi.‎ Diungkap pria berkumis itu, aksinya jalan kaki ke Jakarta bukan kali pertama.

"Di Pilpres 2014 lalu saat Jokowi berpasangan dengan Jusuf Kalla, saya juga jalan kaki. Bukti dokumentasinya saya lengkap semua. Bedanya di 2014 saya jalan kaki selama satu minggu atau tujuh hari. Kalau di 2019, saya menghabiskan waktu 8 hari," imbuhnya.

Ditanya soal sosok Jokowi, Ahmad Nasihun merasa Jokowi memang layak untuk dijunjung. Sikap Jokowi yang sangat bermasyarakat dan santun menjadi nilau plus tersendiri di matanya.

Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Hendra Gunawan
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas