Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Hasil Sementara Real Count KPU, Data Masuk 4,63%: Jokowi-Ma'ruf 54,89%, Prabowo Sandi 45,11%

Sebelumnya, komisioner KPU, Pramono Ubaid Tanthowi, mengatakan, Situng berfungsi sebagai bentuk transparansi KPU kepada publik.

Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Hasil Sementara Real Count KPU, Data Masuk 4,63%: Jokowi-Ma'ruf 54,89%, Prabowo Sandi 45,11%
Tribunnews/JEPRIMA
Petugas KPUD Jakarta Pusat saat melakukan pengecekan surat suara di GOR Senen, Jakarta Pusat, Kamis (18/4/2019). Distribusi logistik hasil pemilu dari TPS dibawa ke tingkat PPK untuk kemudian dilanjutkan rekapitulasi pada 19 April. Tribunnews/Jeprima 

Data penghitungan suara pilpres yang dimuat dalam Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) milik Komisi Pemilihan Umum ( KPU) masih terus bergerak.

Data tersebut ditampilkan dalam portal pemilu2019. kpu.go.id. Hingga Sabtu (20/4/2019) pukul 08.30 WIB, data yang masuk mencapai 37.683 TPS dari total 813.350 TPS.

Jika dipersentasekan, jumlah tersebut baru mencapai 4,63 persen.

Baca: Amien Rais Sindir Tokoh Peragu dan Safety Player, Siapa yang Dimaksud?

Hasil Situng sementara menunjukkan, pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin unggul 54,89 persen, sementara paslon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mendapatkan suara 45,11 persen.

Sementara ini, Jokowi-Ma'ruf unggul di sejumlah provinsi, seperti Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, dan Jawa Tengah.

Adapun Prabowo-Sandi sementara ini unggul di Sumatera Barat, Sulawesi Selatan, Riau, Aceh, hingga Banten.

Baca: Kiai Pendukung Jokowi dan Prabowo di Jatim Kompak Serukan Perdamaian

Sebelumnya, komisioner KPU, Pramono Ubaid Tanthowi, mengatakan, Situng berfungsi sebagai bentuk transparansi KPU kepada publik.

BERITA TERKAIT

Jika masyarakat dan peserta pemilu menemukan kesalahan data yang ditampilkan, KPU akan segera melakukan koreksi.

Pramono menyebut, pihaknya justru sangat mengapresiasi informasi-informasi mengenai pemantauan hasil penghitungan dan rekapitulasi suara pemilu.

"Memang kami menunggu informasi, masukan dari masyarakat, sehingga betul-betul fungsi publikasi dari Situng itu maksimal. Kami sangat terbuka untuk menerima masukan sehingga nanti bisa kami perbaiki atau kami koreksi," kata Pramono di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (19/4/2019).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Hasil Sementara Situng KPU Data 4,63 Persen: Jokowi-Ma'ruf 54,89 Persen, Prabowo Sandi 45,11 Persen"

Penulis : Christoforus Ristianto

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas