Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

129 PPLN Rampung Direkap, KPU Pastikan Tak Ada Satu Suarapun Bergeser

Komisioner KPU Evi Novida Ginting mengatakan, tidak ada satu suarapun dari pasangan calon pilpres yang bergeser ke paslon lainnya.

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in 129 PPLN Rampung Direkap, KPU Pastikan Tak Ada Satu Suarapun Bergeser
Tribunnews/JEPRIMA
Komisioner KPU RI, Evi Novida Ginting Manik (kiri) dan Pramono Ubaid Tanthowi (kanan) menunjukan kotak suara bermaterial kardus dan transparan di Kantor KPU Pusat, Jakarta Pusat, Jumat (14/12/2018). Pengadaan kotak suara bermaterial kardus itu mampu menghemat setengah anggaran dari pembelian kotak suara transparan bermaterial plastik yang akan digunakan dalam Pemilu serentak pada tahun 2019. (Tribunnews/Jeprima) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) berhasil merampungkan rekapitulasi hasil pemilu luar negeri di 129 Panitia Pemungutan Luar Negeri (PPLN) pada Kamis, (9/5/2019) malam.

Komisioner KPU Evi Novida Ginting mengatakan, tidak ada satu suarapun dari pasangan calon pilpres yang bergeser ke paslon lainnya.

Sebab, proses rekapitulasi yang dilakukan pihaknya, bersama seluruh saksi peserta pemilu dan pengawas PPLN menggambarkan hasil pemungutan suara di setiap TPS yang ada.

"Bagi kami yang penting seluruh proses rekapitulasi satu suarapun tidak ada yang bergeser dari apa yang sudah ditetapkan teman-teman KPPS LN maupun PPLN. Itu yang paling penting bagi KPU," kata Evi seusai rapat pleno rekapitulasi tingkat nasional untuk pemilu luar negeri di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (9/5/2019) malam.

Ia juga menjelaskan kalau hasil rekapitulasi pemilu luar negeri ini belum bisa dinyatakan selesai, karena masih ada satu PPLN yang masih menyelesaikan proses pemungutan suara ulang (PSU).

"Jadi baru 129 ya minus Malaysia, Malaysia bukan keseluruhan Malaysia ya KL (Kuala Lumpur) ya, yang lain sudah kita lakukan ya. Ini makanya kita menunggu untuk itu dulu, (PSU KL selesai)" ungkap Evi.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa konfigurasi suara atau perolehan suara dari kedua paslon presiden wakil presiden sudah bisa dipetakan.

BERITA TERKAIT

Namun, KPU belum bisa mendetailkan perolehan suara yang didapat oleh kedua paslon yang ada.

"Saya belum dapat seluruh hasil ya dari panel 1 dan 2. Nanti kita tunggu ya mana tau sudah bisa disampaikan," jelas Evi.

"(Yang jelas) setiap perwakilan (PPLN) sudah kita sahkan di dalam rapat pleno," tambahnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas