Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Alumni UI untuk Jokowi Buat Pernyataan Sikap Soal Proses Pemilu 2019

Alumni UI mendukung penuh terhadap Rektorat UI yang telah menunjukkan sikap netral terutama dalam menjaga marwah dan statuta kampus

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Alumni UI untuk Jokowi Buat Pernyataan Sikap Soal Proses Pemilu 2019
Tribunnews/HERUDIN
Logo Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Rabu (15/1/2014). TRIBUNNEWS/HERUDIN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA  - Ketua Gerakan Alumni Universitas Indonesia (UI) untuk Jokowi-Amin, Fajar Soeharto menyampaikan beberapa pernyataan sikap soal proses pemilu 2019 yang berlangsung di jalan konstitusional.

“Mengecam upaya-upaya pendelegitimasian Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai lembaga resmi pelaksana pemilu di Indonesia, yang dilakukan oleh pihak-pihak yang telah memanfaatkan kebebasan berbicara/berpendapat, namun memaksakan opini dengan mengatasnamakan alumni maupun lembaga Universitas Indonesia,” tutur Fajar.

Alumni UI mendukung penuh terhadap Rektorat UI yang selama penyelenggaraan pemilu telah menunjukkan sikap netral terutama dalam menjaga marwah dan statuta institusi UI yang bebas dari keberpihakan pada pihak yang berkontestasi dalam Pemilu 2019.

“Alumni UI mendorong sepenuhnya rencana Rektor UI untuk menempuh proses hukum, sesuai perundang-undangan yang berlaku, untuk menuntut pihak yang telah menyalahgunakan penggunaan simbol-simbol resmi UI, seperti nama dan makara UI, untuk kepentingan politik tertentu,” katanya,

Fajar mengatakan pernyataan sikap ini adalah wujud tanggung jawab moral para alumnus UI dalam Gerakan Alumni UI untuk Jokowi-Amin, sebagai warga negara yang tunduk dan patuh pada ketentuan hukum yang berlaku di Republik Indonesia, berdasarkan Pancasila dan Undang Undang Dasar ’45.

Baca: Pemilu 2019, Sandiaga Cium Politik Uang Sangat Tajam

“Bangsa Indonesia baru saja melaksanakan pemilu terbesar dan paling rumit di dunia, yang sampai saat ini telah berlangsung secara baik dan konstitusional. Kami bangga dengan prestasi ini dan kami bertekad untuk terus mengawal jalannya proses demokrasi ini sampai tuntas,” ujarnya di Jakarta, Selasa (14/5/2019).

BERITA TERKAIT

Gerakan Alumni UI untuk Jokowi-Amin secara tegas meminta agar semua pihak menghormati seluruh rangkaian proses pemilu sampai tuntas.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menetapkan pemenang Pilpres 2019 dan Pileg 2019 pada Rabu (22/5/2019).

Untuk hasil rekapitulasi di tingkat provinsi, masih ada peluang berubah lantaran masih harus ditetapkan dalam rapat pleno tingkat nasional.

Hingga Selasa (15/5/2019) sore,  26 provinsi telah menyelesaikan rekapitulasi di tingkar provinsi atau nasional.

Pasangan nomor urut 01, Jokowi-Ma'ruf, unggul di 15 provinsi.

Sementara itu, pasangan calon nomor urut 02, Prabowo-Sandi, menguasai 11 provinsi di Indonesia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas