Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Artajasa Siapkan Sistem Antisipasi Lonjakan Transaksi Perbankan Saat Libur Lebaran

Pergerakan ekonomi selama bulan Ramadan hingga Idul Fitri terus mengalami lonjakan yang terlihat dari data tingkat transaksi perbankan.

Artajasa Siapkan Sistem Antisipasi Lonjakan Transaksi Perbankan Saat Libur Lebaran
Tribunnews.com/Apfia Tioconny Billy
Direktur Utama PT Artajasa Pembayaran Elektronis, Bayu Hanantasena dan jajaran Artajasa saat ditemui ditemui di kawasan Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (28/5/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — Pergerakan ekonomi selama bulan Ramadan hingga Idul Fitri terus mengalami lonjakan yang terlihat dari data tingkat transaksi perbankan.

PT. Artajasa Pembayaran Elektronis yang merupakan pengelola jaringan ATM Bersama mencatat transaksi meningkat hingga 70 persen selama bulan Ramadan ini.

Direktur Utama Artajasa, Bayu Hanantasena menyebutkan rincian transaksi terbanyak adalah transfer sebesar dua per tiga dari transaksi yakni mencapai Rp 60 triliun. Transaksi terbanyak berikutnya adalah penarikan uang.

Baca: Kontribusi Perbankan dan Fintech Membangun Ekosistem Keuangan Nasional

Baca: 3 Hal yang Harus Dilakukan Jika Terlanjur Pakai Layanan Perbankan Saat VPN Aktif

“Kebanyakan sekarang transfernya juga dari mobile, hampir 50 persen. Kalau kita bandingkan rata-rata harian normal naiknya dua naiknya 70 persen,” ujar Bayu saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (28/5/2019).

Direktur Informasi dan Operasional Artajasa Teddy Sis Herdianto menyebutkan puncak transaksi perbankan di Bulan Ramadan ini diperkirakan akan terjadi pada lusa, Rabu (29/5/2019) besok atau pada Jumat (31/5/2019) yang akan datang.

Sementara itu, peningkatan transaksi di ATM Bersama sudah terlihat sejak akhir pekan Jumat (24/5/2019) kemarin.

“Sesuai pantauan trafik kami hari Jumat kemarin tinggi, dan kemungkinan Jumat ini atau bisa juga besok akan menjadi peak transaksinya,” ungkap Teddy.

Untuk mengantisipasi peningkatan transaksi ini Artajasa menyiapkan serangkaian langkah strategis, yang berfokus pada peningkatan sistem transaksi, media penyimpanan, dan jaringan komunikasi yang telah disiapkan jelang bulan Ramadan.

Artajasa pun memastikan jaringan hingga Idul Fitri nanti aman karena sudah dilakukan upgrade kapasitas sistem, pengecekan dengan bank-bank yang bekerjasama dan pemantauan hardware dan software yang digunakan.

“Semuanya sudah kami siapkan, hadrware software juga kami siapkan, jaringan kita ke bank juga sehingga tidak terjadi overload dari jaringan. InsyaAllah dari sistem kami siap,” pungkas Teddy.

Ikuti kami di
Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Willem Jonata
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas