Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ini Strategi BNPT Atasi Radikalisme dan Terorisme

Dalam mengatasi radikalisme dan terorisme, BNPT menerapan strategi penanganan radikalisme dan terorisme secara kreatif dan inovatif.

Editor: FX Ismanto
zoom-in Ini Strategi BNPT Atasi Radikalisme dan Terorisme
TRIBUNNEWS.COM/TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO
Forum Merdeka Barat 9 (FMB 9) selenggarakan diskusi mengangkat tema Kita Indonesia, Kita Pancasila, dengan pembicara dari Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan,. Badan Pembinaan Ideologi Pancasila dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme, Selasa 28/5/2019) bertempat di Gedung serbaguna KEMKOMINFO, Jalan Medan Merdeka Barat. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dalam mengatasi radikalisme dan terorisme, BNPT menerapan strategi penanganan radikalisme dan terorisme secara kreatif dan inovatif.

Diskusi FMB 9 Tema Kita Indonesia Kita Pancasila,
Diskusi FMB 9 Tema Kita Indonesia Kita Pancasila, (TRIBUNNEWS.COM/TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO)

"Kami manfaatkan semua saluran yang ada. Kami juga mengajak seluruh lapisan masyarakat, selain kementerian dan lembaga pemerintah," kata Kasubdit Kontra Propaganda, Direktorat Pencegahan, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Kolonel Sujatmiko dalam diskusi media Forum Merdeka Barat (FMB) 9 yang diselenggarakan di Ruang Serbaguna Roeslan Abdulgani, Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jl Medan Merdeka Barat 9, Jakarta Pusat, Selasa (28/5/2019).

Diskusi FMB 9 Tema Kita Indonesia Kita Pancasila.
Diskusi FMB 9 Tema Kita Indonesia Kita Pancasila. (TRIBUNNEWS.COM/TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO)

Diskusi media dengan Tema “Kita Indonesia, Kita Pancasila”, juga menghadirkan narasumber Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Hariyono, serta Sekretaris Deputi VI Bidang Kesbang Kemenko Polhukam Brigjen Pol Mamboyng.

Lebih lanjut Sujatmiko menjelaskan, strategi mengatasi radikalisme dan terorisme dengan dua pendekatan; program deradikalisme dan kontra radikalisme.

Diskusi FMB 9 Tema Kita Indonesia Kita Pancasila.
Diskusi FMB 9 Tema Kita Indonesia Kita Pancasila. (TRIBUNNEWS.COM/TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO)

Program deradikalisasi dengan cara pencerahan kepada mereka yang sudah terpapar. Jumlahnya 406 napitor, 191 tahanan. Total 567 orang yang tersebar di 89 lapas dan 2 rutan di 25 propinsi.

Selain mereka yang di lapas, juga di masyarakat. Hingga Januari 2019, jumlah napiter yang sudah bebas 632 orang. terbina 347. mantan teroris 90 orang di 17 propinsi.
Program kontra radikalisme melibatkan semua unsur masyarakat. "Caranya dengan kegiatan-kegiatan kreatif.

Diskusi FMB 9 Tema Kita Indonesia Kita Pancasila.
Diskusi FMB 9 Tema Kita Indonesia Kita Pancasila. (TRIBUNNEWS.COM/TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO)

"Contohnya membentuk duta damai di dunia maya. BNPT juga mengajak youtuber untuk bersama membuat konten kreatif. Hasilnya luar biasa, banyak konten-konten kreatif untuk mengajak masyarakat menjauhi aksi radikalisme," jelas Sujatmiko.

BERITA REKOMENDASI
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas