Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Rektor UIII: Pemerintah Bakal Sediakan Beasiswa, Besarannya Dibahas Kemenkeu

Setelah ditunjuk oleh Presiden Jokowi sebagai Rektor Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII), Prof Komaruddin Hidayat punya beragam konsep.

Rektor UIII: Pemerintah Bakal Sediakan Beasiswa, Besarannya Dibahas Kemenkeu
Fransiskus Adhiyuda/Tribunnews.com
Cendekiawan Muslim, Komaruddin Hidayat usai menghadiri diskusi kebangsaan di Hotel Kartika Chandra, Jakarta, Selasa (16/4/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Theresia Felisiani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - ‎Setelah ditunjuk oleh Presiden Jokowi sebagai Rektor Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII), Prof Komaruddin Hidayat punya beragam konsep dan rencana.

"Dosen dan mahasiswanya nanti dari dalam dan luar negeri. Kami juga ingin mendatangkan profesor asing yang sudah punya reputasi internasional sebagai jaminan mutu dan daya tarik mahasiswa asing datang ke Indonesia," ucap Komaruddin pada Tribunnews.com, Selasa (4/6/2019).

Tidak hanya itu, pihaknya juga sudah mendaftarkan ilmuwan Indonesia yang sekarang tengah mengajar di luar negeri. Kini soal fasilitas dan standar gaji mereka jika menjadi dosen di UIII masih dibahas oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Baca: Di Hadapan Jusuf Kalla, Prabowo Subianto Telepon Orang Minta Hentikan Semua Aksi Massa

Baca: Soal Rencana Ketemu Jokowi, Prabowo Subianto: Semua Ada Waktunya

Baca: Luna Maya Curiga Nagita Slavina Lagi Ngidam dan Ucapkan Selamat, Raffi Ahmad Terperanjat

Komaruddin melanjutkan memang sejauh ini UIII belum mempunyai pengalaman dan standar baku. Namun dia sudah melakukan studi banding di berbagai kampus dunia termasuk Malaysia dan Singapura.

Terakhir Komaruddin menambahkan untuk tahun awal, pemerintah bakal memberikan beasiswa yang besarannya masih digodok oleh Kemenkeu.

Baca: Minta Ucapan Prabowo Soal Pilihan Politik Ani Yudhoyono Tak Perlu Dibesarkan, BPN: Itu Kan Spontan

"Untuk tahun-tahun awal pemerintah menyediakan beasiswa. Besarannya tengah kami bahas bersama Kemenkeu. Sejauh ini kami sudah menjajaki beberapa universitas Luar Negeri untuk menjalin kerja sama," imbuhnya.

Diketahui UIII merupakan universitas negeri bertaraf internasional dibawah Kementerian Agama.

Jenjang pendidikan yang ditawarkan di kampus ini yakni program studi pascasarjana. Pembangunan kampus direncanakan selesai pada 2019 sehingga bisa dilakukan kegiatan belajar mengajar.

Proyek ini juga merupakan bagian dari Proyek Strategi Nasional yang akan menjadi pusat kajian, penelitian dan implementasi peradaban Islam baik Indonesia maupun dunia.

Baca: Mahfud MD Sebut Muncul Ulama Kagetan dalam Politik, Ustaz Yusuf Mansur : Bisa Jadi Itu Saya

Baru-baru ini, tepatnya akhir Mei 2019, ‎Presiden Jokowi menunjuk Komaruddin Hidayat sebagai Rektor Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII).

Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi ke Kementerian dan Lembaga, Adita Irawati saat dikonfirmasi Tribunnews.com membenarkan hal tersebut.

"Ya, sudah confirm penunjukan Prof Komaruddin Hidayat dilakukan melalui Surat Keputusan Presiden No 37/M tahun 2019," ujar Adita Irawati dalam pesan singkatnya, Selasa (4/6/2019).

Keppres tentang Pengangkatan Rektor Universitas Islam Internasional Indonesia itu ditandatangani Presiden Jokowi pada 29 Mei 2019 lalu. Melalui Keppres tersebut, Komaruddin bakal menjadi rektor untuk masa jabatan 2019-2024.

Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Willem Jonata
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas