Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pemberlakuan Sistem One Way di Periode Aarus Balik Tergantung Kepadatan Kendaraan

Refdi menjelaskan bahwa penerapan one way akan dilakukan sesuai dengan situasi dan kondisi lalu lintas.

Editor: Choirul Arifin
zoom-in Pemberlakuan Sistem One Way di Periode Aarus Balik Tergantung Kepadatan Kendaraan
Istimewa
Kakorlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri meninjau sejumlah titik yang akan diberlakukan sistem satu arah atau one way di Tol Trans Jawa pada saat puncak arus mudik Lebaran 2019. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepadatan arus balik Lebaran sudah mulai terasa sejak hari pertama diberlakukannya one way. Seperti diketahui, sistem satu arah ini dibuka dari Gerbang Tol (GT) Kalikangkung pada Km 414 hingga GT Cikampek Utama atau Km 70.

Mengingat panjangnya penerapan one way yang mencapai 344 km dan tingginya arus balik dibandingkan arus mudik, Kepala Korps Lalu Lintas Polri (Kakorlantas Polri) Irjen Pol Refdi Andri, mengimbau masyarakat untuk selalau mementingkan keselamatan dalam berkendara.

"Mudah-mudahan apa yang kita lakukan berjalan dengan lancar. Pemberlakuan one way ini sudah didukung mitra terkait, baik berkaitan dengan hari, tanggal, dan jam. Namun jam bukan harga mati, kita akan lihat bagaimana volume kendaraan dan saran kewilayahan," ucap Refdi dalam keterangan resminya, Jumat (7/6/2019).

Baca: Empat Rumah Mewah Sitaan Segera Dilelang Usai Lebaran, Seluruhnya Berlokasi di Malang

Refdi menjelaskan bahwa penerapan one way akan dilakukan sesuai dengan situasi dan kondisi lalu lintas. Bila terjadi kepadatan yang cukup panjang, maka waktu pemberlakuannya bisa dilakukan lebih lama dari yang sebelumnya telah ditentukan, yakni pada pukul 24.00 WIB.

"Kami akan lanjutkan sampai besok pagi jika volume kendaraan terus meningkat pada malam hari. Akan kita lakukan selama orientasinya untuk masyarakat, khususnya untuk pengendara yang melakukan arus balik," kata Refdi.

Guna menjaga kenyamanan dan kelancaran selama one way arus balik, Refdi berpesan tiga hal bagi masyarakat. Pertama untuk tidak terlalu lama berada di rest area, kedua bila terjadi masalah seperti pecah ban atau mogok untuk segera menghubungi call center, dan yang terakhir masyarkat diimbau untuk memperhatikan ketersediaan saldo kartu elektroniknya.

Laporan: Stanly Ravel

BERITA TERKAIT

Artikel ini tayang di Kompas.com dengan judul Ikut "One Way" Saat Arus Balik, Ini Pesan Kakorlantas.

Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas