Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Antre Sejak Subuh, Ini Reaksi Orang Tua Siswa soal Zonasi PPDB

ada orang tua siswa yang lain sudah datang ke sekolah itu sejak pukul 03.00 WIB dan mendapat nomor antrean 17.

Editor: Sanusi
zoom-in Antre Sejak Subuh, Ini Reaksi Orang Tua Siswa soal Zonasi PPDB
(ANTARA FOTO/YULIUS SATRIA WIJAYA)
Sejumlah siswa dan orangtua murid antre saat akan mengikuti seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMAN 1 Depok, Kota Depok, Jawa Barat, Selasa (18/6/2019). Sistem PPDB Jawa Barat dengan mekanisme berdasarkan sistem jalur zonasi atau pemetaan wilayah sebanyak 90 persen, jalur prestasi lima persen dan jalur perpindahan orang tua wali lima persen tersebut, berlangsung dari tanggal 17-22 Juni 2019. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Cerita para orang tua siswa yang mendaftarkan anaknya ke jenjang sekolah lebih tinggi pada Pendaftaran Penerimaan Siswa Baru ( PPDB) 2019 bermacam-macam, termasuk dalam PPDB Jawa Barat untuk jenjang SMA.

Begitu pula pengalaman yang dituturkan oleh Rismawati Sitepu saat mendaftarkan anak laki-lakinya yang bernama Carlos Anugrah ke SMAN 6 Depok setelah lulus dari SMPN 9 Depok.

Menurut Rismawati, dia merasakan pelaksanaan sistem zonasi pada PPDB kali ini membuat kerepotan tersendiri karena harus datang langsung ke sekolah tujuan sedari pagi dan mengalami antrean yang begitu panjang.




Antre sejak subuh

Ketika melakukan pendaftaran pada Senin (17/6/2019), dia datang ke SMAN 6 Depok pukul 05.00 WIB dan sudah mendapat nomor antrean 55. Dia mengaku tidak menyangka ternyata sepagi itu antrean sudah begitu banyak.

Bahkan ada orang tua siswa yang lain sudah datang ke sekolah itu sejak pukul 03.00 WIB dan mendapat nomor antrean 17.

“Saya kaget juga datang jam 5 pagi ternyata antrean udah nomor 55. Tanya teman yang lain, ada yang jam 3 pagi udah datang trus dapat nomor 17,” ucap Rismawati saat dihubungi Kompas.com, Selasa (18/6/2019).

BERITA TERKAIT

Setelah itu para orang tua lain terus berdatangan dan antrean semakin memanjang hingga siang hari. Meski demikian, dia mengaku antrean di sana cukup tertib dan proses pendaftaran berlangsung lancar sejak dimulai pada pukul 08.00 WIB.

Dia menuturkan, pihak sekolah membuat batasan antrean pada hari pertama pendaftaran kemarin hingga maksimal nomor 150, sedangkan untuk nomor 151 dan seterusnya bisa melakukan pendaftaran pada keesokan harinya.

Perhatikan nilai UN

“Di situ enggak terlalu lama, jam 6 dikasih nomor, trus jam 8 disuruh kembali untuk cek berkas dan lain-lain. Nomor 1-150 dibatasi hari ini, nomor 151 dan seterusnya disuruh besoknya. Jadi enggak terlalu berjubel-jubel,” imbuh Rismawati.

Sepengetahuan dia, calon siswa yang terdaftar sampai pukul 11.00 kemarin sudah lebih dari 200 orang. Adapun kapasitas siswa di sekolah itu bisa menampung sampai 315 anak untuk 6 kelas.

Namun, berbeda dari orang tua lain, karena nilai ujian nasional (UN) anaknya relatif tinggi, dia berharap sistem zonasi bisa dipadukan dengan nilai UN agar kesempatan anaknya diterima di sekolah tersebut semakin besar.

“Zonasi memang harus benar-benar diutamakan, tapi nilai UN juga bisa mendukung,” harapnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Antre dari Pukul 05.00, Kekagetan Orang Tua Siswa soal Zonasi PPDB"

Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas