Tribun

Seleksi Pimpinan KPK

‎Eks Pejabat PPATK, Komnas HAM, LPSK hingga Ketua Dewan Pers Ikutii Tes Uji Kompetensi Capim KPK

Sebanyak 192 calon pimpinan (Capim) KPK yang mulus di seleksi administrasi bakal bersaing untuk lolos di tahap selanjutnya.

Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Hasanudin Aco
‎Eks Pejabat PPATK,  Komnas HAM, LPSK hingga Ketua Dewan Pers Ikutii Tes Uji Kompetensi Capim KPK
Warta Kota/Henry Lopulalan
Aktivis Gerakan Masyarakat Sipil Bersihkan Indonesia melakukan aksi teatrikal di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Jumat (5/7/2019). Dalam aksinya mereka mendesak Panitia Seleksi Calon Pimpinan KPK untuk memasukkan kriteria-kriteria terkait pemberantasan korupsi di sektor Sumber Daya Alam dalam proses seleksi. Warta Kota/Henry Lopulalan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebanyak 192 calon pimpinan (Capim) KPK yang mulus di seleksi administrasi bakal bersaing untuk lolos di tahap selanjutnya.

Hari ini, Kamis (18/7/2019) mereka bakal mengikuti tes uji kompetensi di Pusdiklat Kementerian Sekretariat Negara, Jalan Gaharu 1 No 1, Cilandak, Jakarta Selatan.

Selain diisi oleh sejumlah unsur penegak hukum, para capim yang lolos ada juga pernah menjabat sebagai pimpinan lembaga lainnya.

Mereka yakni mantan Wakil Ketua PPATK Agus Santoso, mantan ketua Komisi Yudisial (KY) ‎Suparman Marzuki, mantan Wakil Ketua KY Imam Anshori.

Baca: 192 Calon Pimpinan KPK Dilarang Nyontek Saat Mengikuti Uji Kompetensi Hari Ini

Mantan Ketua Dewan ‎Pers Yosep Adi Prasetyo, mantan Ketua Komnas HAM 2016-2017 Muhammad Imdadun Rahmat, mantan Wakil Ketua LPSK Lili Pintauli Siregar.

Ada pula Firman Zai mantan pejabat BPK, Gunawan Tangkilisan ‎mantan Kabag tata Usaha Kemenpan RB, bakal calon Wali Kota Tangsel Pilkada 2015, sekaligus mantan Kabag Perundang-Undangan PDRD Tangsel.

Untuk diketahui pada Kamis (11/7/2019) kemarin Pansel Capim KPK telah merilis dari 376 pendaftar, hanya 192 yang lolos seleksiadministrasi.

Komposisi 192 pendaftar itu yakni 180 pria dan sisanya 12 perempuan.

Berdasarkan latar belakang profesi, akademisi atau dosen ada 40 orang ‎, advokat/konsultan hukum ada 39 orang, korporasi (swasta, BUMD, BUMN) 17 orang.

Jaksa dan hakim yang lolos 18 orang, anggota TNI tidak ada yang lolos, anggota Polri 13 orang lolos, auditor 9 orang, komisioner/pegawai KPK 13 orang, lain-lain (PNS, pensiunan, wiraswasta, NGO, pejabat negara) ada 43 orang.

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas