Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Harmoni Indonesia dan Gramedia Gelar Kontes Anak 'Aku Untuk Indonesia'

Tiga siswa yang beruntung akan diundang secara resmi ke Istana Negara untuk bertemu Presiden Joko Widodo di Peringatan Hari Kemerdekaan RI

Editor: Choirul Arifin
zoom-in Harmoni Indonesia dan Gramedia Gelar Kontes Anak 'Aku Untuk Indonesia'
TRIBUNNEWS/LITA FEBRIANI
Firdaus Ali, Ketua Umum Pelaksana Kontes 'Aku Untuk Indonesia' di acara jumpa pers di Gedung D, Kemenristekdikti di Jakarta, Selasa (6/8/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Harmoni Indonesia menggelar kontes untuk anak-anak bertajuk 'Aku Untuk Indonesia'.

Kontes tersebut digelar dalam rangka menyambut Dirgahayu Republik Indonesia ke-74 dan Hari Sumpah Pemuda ke-91

Kontes 'Aku Untuk Indonesia' diikuti anak-anak usia sekolah dasar mulai kelas 1 hingga kelas 6.

Peserta dapat memilih untuk membuat tulisan maupun video blog berdurasi 30 detik melalui Instagram dengan hashtag #HIAkuUntukIndonesia.

Untuk tulisan, peserta diminta membuat tulisan pendek dan kuat yang menjawab dengan jelas apa, kenapa dan bagaimana terhadap pertanyaan 'Apa yang akan kamu berikan untuk Indonesia?' dengan maksimal 250 kata. Kemudian dikirim ke email admin@harmoniindonesia.id.

Bentuk video blog atau vlog, tema yang harus diangkat adalah 'Apa yang akan kamu berikan untuk Indonesia?' yang berlandaskan mengenai apa, kenapa dan bagaimana. Peserta juga harus mengikuti Instagram @harmoni.ina. Saat mengunggah video diwajibkan menandai @harmoni.ina dan tiga teman lainnya.

BERITA REKOMENDASI

"Anak-anak Indonesia adalah penentu masa depan kita. Anak-anak kita harus berani bermimpi besar dengan berani berkata-kata. Jangan hanya ingin jadi youtuber. Makanya kita membuatnya dalam video dan tulisam agar anak-anak bisa mengutarakan bahwa inilah anak-anak Indonesia yang memiliki gagasan," terang Firdaus Ali, Ketua Umum Pelaksana Kontes 'Aku Untuk Indonesia' saat Jumpa Pers di Gedung D, Kemenristekdikti di Jakarta, Selasa (6/8/2019).

Baca: Valentino Rossi Kecewa dengan Performa Prototipe Yamaha YZR-M1 2020

Kompetisi tahap 1 ini digelar untuk anak-anak di Provinsi Jakarta, Banten dan Jawa Barat.

Waktu pengiriman karya dimulai sejak tanggal 1-10 Agustus 2019 dan penjurian akan dilakukan pada tanggal 11-12 Agustus.

Tiga siswa yang beruntung akan diundang secara resmi ke Istana Negara untuk bertemu Presiden Joko Widodo di Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia ke 74 pada 17 Agustus 2019.

Tahap pertama dimulai dengan tiga provinsi diharapkan Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Sidarto Danusubroto dapat membuat anak-anak provinsi lain tertarik.

"Tiga daerah ini saya harapkan akan ada respon lebih luas dari daerah lain di Indonesia," jelas Sidarto.

Tahap 2 kompetisi akan dibuka untuk seluruh anak Indonesia dari tingkat SD hingga SMA dengan waktu pengiriman karya dari 18 Agustus 2019 - 28 Oktober 2019.

Di kompetisi tahap 2 ini nantinya akan dipilih 9 orang pemenang yang akan diundang untuk meramaikan acara pada tanggal 28 Agustus 2019 bertempat di Gelora Bung Karno.

Harmoni Indonesia mengatakan seluruh pemenang nantinya akan mendapatkan beasiswa dari Gramedia.

"Semua beasiswa akan dalam bentuk tabungan, dari Gramedia juga akan support kami. Kami mengajak Gramedia bekerjasama agar bisa menumbuhkan kembali minat baca anak-anak. Lalu hadiah berupa tabungan agar anak Indonesia kembali bisa ke kebiasaan menabung," ungkap Firdaus.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas