Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Pansel Akmil Harus Tabayun ke Enzo Zenz Allie Terkait Dugaan Gabung HTI

Asrorun pun yakin pansel telah bekerja dengan baik. Jajaran TNI bekerja secara profesional dalam perekrutan taruna baru.

Pansel Akmil Harus Tabayun ke Enzo Zenz Allie Terkait Dugaan Gabung HTI
cetaklayar Kompas TV
Momen ketika Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto berbincang dengan Enzo Zenz Allie. Video ini viral di media sosial. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pansel Akademi Militer (Akmil) harus meminta klarifikasi kepada Enzo Zenz Allie terkait isu radikalisme. Hal ini untuk meluruskan dugaan yang meluas di masyarakat.

"Bisa jadi benar di masa lampau kemudian ada komitmen memeperbaiki. Bisa jadi tidak benar, langkah-langkah yang dilakukan harus konfirmasi, klarifikasi atau tabayun," ujar Deputi Pembinaan Pemuda Kemenpora Asrorun Ni'am Soleh dalam diskusi bertajuk 'Enzo, Pemuda, dan Kemerdekaan' di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (10/8/2019).

Asrorun pun yakin pansel telah bekerja dengan baik. Jajaran TNI bekerja secara profesional dalam perekrutan taruna baru.

Baca: Cerita Jokowi 2 Kali Naik Mobil yang Dikemudikan Langsung PM Malaysia Mahathir Mohamad

"Saya tidak meragukan TNI, karena memiliki mekansime perekrutan dengan terukur, profesional dan terbuka. Anak-anak TNI yang ikut seleksi ada juga yang tidak lolos. Namun, anak-anak bukan dari TNI lolos karena memenuhi standar, termasuk Enzo," katanya.

Hal itu diamini oleh juru bicara Badan Intelejen Negara (BIN) Wawan Hari Purwanto. Menurutnya, ideologi seorang taruna tidak boleh cacat.

Taruna kata, Wawan, harus memegang teguh nasionalisme, patriotisme, Bhinneka Tunggal Ika, memegang teguh Pancasila, UUD 1945 dan NKRI.

Baca: Belasan Tahun Tinggal di Filipina, Said Kembali ke Indonesia Bahas Kontribusi Diaspora untuk Bangsa

"Oleh karena itu, harus ada langkah-langkah yang mesti diambil oleh panitia seleksi dan di Akmil untuk melakukan verifikasi," pungkas Wawan.

Sebagaimana diketahui, Taruna Akmil Magelang bernama Enzo Zenz Allie tengah jadi berita dan perbincangan di masyarakat. Pertama, karena ia berdarah campuran Indonesia-Perancis. Kedua, karena ia dikaitkan dengan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Ilham Rian Pratama
Editor: Johnson Simanjuntak
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas