Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Diumumkan 23 Agustus, Pansel Harap 20 Capim KPK Lolos Profile Assessment

Panitia Seleksi (Pansel) capim KPK berharap nantinya ada 20 capim yang lolos dalam seleksi tersebut.

Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Diumumkan 23 Agustus, Pansel Harap 20 Capim KPK Lolos Profile Assessment
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Kadivhumas Polri Irjen Pol M Iqbal (kiri) bersama Anggota TGPF Hendardi (kanan) memberikan keterangan saat merilis hasil investigasi TGPF Novel Baswedan di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (17/7/2019). Dalam keterangannya TGPF kasus Novel Baswedan merekomendasikan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian untuk mendalami sejumlah perkara tindak pidana korupsi yang pernah ditangani penyidik KPK tersebut serta membentuk tim teknis lapangan untuk melanjutkan hasil kerja TGPF. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Theresia Felisiani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Hasil seleksi tahap profile assessment pada calon pimpinan (capim) KPK bakal diumumkan pada Jumat (23/8/2019) nanti.

Terkait hal tersebut, Panitia Seleksi (Pansel) capim KPK berharap nantinya ada 20 capim yang lolos dalam seleksi tersebut.

Adapun tes profile assesment ini bertujuan menggali potensi kepemimpinan para capim KPK. Selain juga profesionalisme dan tingkat kesetresannya.

"Diharapkan sekitar 20 an capim yang bakal lolos," ucap anggota Pansel Capim KPK Hendardi kepada wartawan, Selasa (13/8/2019).

Hendardi melanjutkan setelah nama-nama capim yang lolos profile assessment diumumkan, para kandidat bakal mengikuti seleksi berikutnya yakni, wawancara dan uji publik.

Baca: Polri Buka Penyebab Kematian Briptu Heidar yang Disandera Kelompok Bersenjata Papua

Untuk diketahui dari 40 orang yang mengikuti "profile assesment", latar belakangnya adalah akademisi/dosen 7 orang, advokat/konsultan hukum 2 orang, jaksa 3 orang, pensiunan jaksa: 1 orang.

BERITA REKOMENDASI

Hakim 1 orang, anggota Polri 6 orang, auditor 4 orang, komisi kejaksaan/komisi kepolisian nasional 1 orang, komisioner/pegawai KPK 5 orang, PNS 4 orang, pensiunan PNS 1 orang dan lain-lain 5 orang.

Baca: KBRI Washington: Boeing Siap Cairkan Ganti Rugi untuk Ahli Waris Korban Lion Air 737-8 MAX

"Rencananya, tes tahap akhir tersebut akan dilangksukan pada 26 hingga 30 Agustus 2019," ungkap Hendardi.

Setelah itu, Pansel akan menyerahkan 10 nama capim KPK terbaik pada Presiden Jokowi di awal September 2019. 10 nama itu kemudian dikirim ke DPR untuk uji dan propper test.

"Selanjutnya dikirim Pemerintah ke DPR untuk dilakukan fit and propper test oleh DPR, untuk memilih 5 orang Pimpinan KPK yang baru," kata Hendardi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas