Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Mendagri Nilai Lobi Anies ke DPRD Jadi Kunci Mempercepat Penunjukan Wagub DKI

"Jadi kuncinya sekarang ada di DPRD dan lobi Pak Anies untuk mempercepat prosesnya,” jelas Tjahjo.

Mendagri Nilai Lobi Anies ke DPRD Jadi Kunci Mempercepat Penunjukan Wagub DKI
Rizal Bomantama
Mendagri Tjahjo Kumolo 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menilai ada dua kunci penting yang bisa mempercepat keputusan penunjukan sosok Wakil Gubernur Jakarta yang masih kosong hingga kini.

Yang pertama adalah kinerja dari Panitia Khusus (Pansus) Wagub Jakarta dan yang kedua adalah usaha Gubernur Jakarta Anies Baswedan untuk melobi pihak DPRD Jakarta agar mempercepat proses tersebut.

“Kunci awalnya kan di partai pengusung, mereka sudah sodorkan nama ke Gubernur, Pak Anies juga sudah serahkan ke Pansus di DPRD. Jadi kuncinya sekarang ada di DPRD dan lobi Pak Anies untuk mempercepat prosesnya,” jelas Tjahjo di Kantor Kemendagri, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (15/8/2019).

Baca: Setahun Anies Baswedan Tanpa Wakil, PKS: Kursi Wagub DKI Dipermainkan DPRD

Baca: Tjahjo soal Wagub DKI: Bukan Salah Anies, Tergantung Partai Pengusung

Selain Anies, Tjahjo juga menilai partai politik pengusung juga bisa melakukan lobi-lobi kepada Pansus DPRD untuk mempercepat mekanisme penunjukkan Wagub Jakarta yang baru.

Pria kelahiran Semarang itu juga menjelaskan bahwa salah alamat bila sejumlah pihak mendesak Kemendagri untuk turun tangan langsung mengatasi masalah tersebut.

“Tidak bisa karena kami tak berwenang untuk itu dalam batasan perundang-undangan. Soal diselesaikan oleh periode yang sekarang atau anggota DPRD terpilih hasil Pileg 2019 bagi kami tak masalah.”

“Juga tak masalah bila Wagub kemudian baru ditunjuk di sisa waktu 18 bulan jabatan. Ada juga daerah yang seperti itu,” pungkasnya.

Sebelumnya Gubernur Jakarta Anies Baswedan menyindir kinerja Pansus Penunjukan Wagub Jakarta yang tidak segera menentukan sosok pendamping bagi dirinya.

Padahal dirinya mengaku sudah menyerahkan daftar kandidat kepada Pansus DPRD sejak Maret 2019 atau lima bulan yang lalu.

Sehingga dirinya menilai kunci masalah tersebut kini berada di tangan Pansus DPRD Jakarta.

Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Rizal Bomantama
Editor: Hasanudin Aco
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas