Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Kabinet Jokowi

Arief Poyuono: Calon Jaksa Harus Bebas virus Kepentingan Politik

Saat ini, kata Arief meski tidak lagi menjadi anggota partai politik, namun Jaksa Agung HM Prasetyo menurutnya unsur dari partai politik.

Arief Poyuono: Calon Jaksa Harus Bebas virus Kepentingan Politik
Twitter @TRANS7
Arief Poyuono 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA-Dalam waktu dekat Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan segera mengumumkan kabinet terbarunya untuk lima tahun mendatang. Satu pos kementerian yang juga menjadi sorotan publik adalah siapa yang akan menjadi Jaksa Agung. Sebelumnya, Presiden memastikan Jaksa Agung yang akan ia umumkan bukanlah dari kalangan partai politik.

"Presiden yang akan memilih Jaksa Agung dari non parpol sudah tepat dan benar. Harus benar benar dari non parpol,bukan Jaksa Agung non parpol yang jadi pembenaran dari Partai," Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Arief Poyuono menegaskan, Jumat (16/8/2019).

Baca: Kemungkinan Dipilih Lagi, HM Prasetyo: Saya Nggak Pernah Minta-minta

Saat ini, kata Arief meski tidak lagi menjadi anggota partai politik, namun Jaksa Agung HM Prasetyo menurutnya unsur dari partai politik.

Baca: Pengamat: Memang Lebih Baik, Lebih Banyak Menteri dari Non Parpol

"Pak Prasetyo itu keluarga besar Adhyaksa yang kemudian masuk NasDem, lalu diberhentikan dari anggota. Sehingga saat ini, dia adalah jagung non parpol," ungkapnya.

Baca: Jaksa Agung Klaim Tak Pernah Ditegur dan Kecewakan Presiden Jokowi

"Tetap saja, meski sudah berhenti dari Nasdem (Jaksa Agung red), akan tetapi masih punya hutang budi. Masih sangat terafiliasi dengan yang merekomendasikan sebagai Jaksa Agung," sindir Arief.

Arief menegaskan kembali, Jaksa Agung dari non parpol yang akan dipilih nanti harus benar benar tidak pernah terafiliasi atau jadi pengurus atau anggota parpol.

Baca: Cerita Ajudan Ganteng Jokowi Gagal Raih Cita-cita Jadi Paskibraka, Sedih Harapannya Pupus Saat SMA

"Itu yang saya tangkap dari pernyataan Jokowi. Terbebas dari virus kepentingan politik.Jaksa Agung non parpol dan harus sudah atau pernah berprofesi sebagai Jaksa itu yang diinginkan masyarakat," kata dia.

Ditegaskan, banyak pejabat dan mantan pejabat di kejagung yang terbebas dari pengaruh parpol yang bisa di angkat sebagai Jaksa Agung oleh Presiden untuk periode 2019-2024 .

Baca: Terkait Impor Hortikultura, Kementan Tegaskan Hanya Beri Rekomendasi Teknis

Diperlukan uji publik untuk rekam jejaknya selama berkarir sebagai Jaksa. Melibatkan masyarakat dan para Jaksa,melakukan fit and proper test atau uji kelaiakan sebagai calon Jaksa Agung.

"Dengan demikian Jokowi bisa dapat sosok Jaksa Agung yang professional. Punya track record yang bersih dan mampu mimpin Gedung bundar dalam penegakan hukum," saran Arief Poyuono.

Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Rachmat Hidayat
  Loading comments...

Berita Terkait :#Kabinet Jokowi

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas