Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Rusuh di Papua

Lenis Kagoya: Kepala Adat Masuk Kampung Bujuk Masyarakat Hentikan Kerusuhan

Terakhir Lenis meminta aparat keamanan tidak menggunakan senjata dalam melakukan pengamanan di sejumlah titik kerusuhan di Papua.

Lenis Kagoya: Kepala Adat Masuk Kampung Bujuk Masyarakat Hentikan Kerusuhan
Tribunnews.com/ Imanuel Nicolas Manafe
Staf Khusus Presiden Kelompok Kerja Papua Lenis Kogoya 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Theresia Felisiani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Suku Provinsi Papua Lenis Kagoya meminta bantuan pada kepala suku lainnya untuk bisa meredam kemarahan masyarakat Papua. Menurutnya hanya kepala sukulah yang bisa membantu aparat keamanan untuk meredam amarah‎ sehingga kerusuhan di Papua tidak meluas dan berlarut.

"Di sana, kalau perang suku pun harus ada kepala suku. Tidak bisa aparat, mungkin bisa tapi pelan-pelan," ucap Lenis, Senin (19/8/2019). 

Baca: Setara Institute Desak Kapolri Tindak Tegas Aparat yang Represif terhadap Mahasiswa Papua

Lenis ‎mengaku tidak bisa terbang ke Papua hari ini untuk mendamaikan massa aksi lantaran ada kegiatan di Jakarta. Untuk itu, dia meminta bantuan para kepala suku masuk ke kanpung-kampung untuk membujuk masyarakat segera menghentikan kerusuhan.

"Saya sudah kasih tahu ketua lembaga adat Provinsi, kampung, ada pemuda adat juga. Saya koordinasi. Saya meminta mereka masuk ke kampung-kampung," imbuhnya.

Baca: Megawati Lantik Tri Rismaharini Sebagai Ketua DPP Bidang Kebudayaan PDIP

Lenis yang juga Staf Khusus Presiden untuk Papua ini menuturkan pada umunya masyarakat Papua akan mengikuti arahan dari para kepala suku.

"Biasanya kalau kepala suku bilang A mereka akan ikut A. Kepala suku tidak pernah ajak masyarakat perang, tetapi diajarkan berpikir positif. Di sana sebelum (Indonesia) merdeka sudah ada adat, adat lebih dulu, baru agama, baru pemerintah," tuturnya.

Baca: UPDATE Kerusuhan di Manokwari Papua : Polisi Sebut Foto Hoaks Mahasiswa Tewas Jadi Sebab Kerusuhan

Lenis meminta aparat keamanan tidak menggunakan senjata dalam melakukan pengamanan di sejumlah titik kerusuhan di Papua.

Baca: Ketua DPD: Kerusuhan Manokwari Papua Sebagai Peringatan Bagi Kita

"Saya sudah pesan pihak keamanan perlu ada mengendalikan bahwa tidak boleh ada yang pegang senjata. Tidak boleh ada lagi yang melakukan perlawanan. Itu yang buat kita Indonesia kacau," tegas Lenis.

Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Rachmat Hidayat
  Loading comments...
© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas