Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

DPR Kembali Gelar Forum Parlemen Dunia

Nurhayati yang juga merupakan Chair WPFSD mengatakan Inklusi keuangan dan sosial dipilih menjadi tema pokok WPFSD tahun ini

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in DPR Kembali Gelar Forum Parlemen Dunia
Chaerul Umam/Tribunnews.com
Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Nurhayati Ali Assegaf. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Taufik Ismail

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- DPR RI menyelenggarakan forum parlemen dunia bertajuk World Parliamentary Forum on Sustainable Development (WPFSD) pada 4-5 September 2019 di Bali.
Forum yang digelar ketiga kalinya ini, mengangkat tema “Combating inequality through Social and Financial Inclusion”.

"Parlemen memiliki peran penting dalam mengadopsi kebijakan yang menitikberatkan pada pembangunan universal, inklusif, dan berkelanjutan guna memastikan tidak ada satupun orang yang tertinggal (no one left behind) dalam upaya pencapaian TPB (tujuan pembangunan berkelanjutan) di tahun 2030," ujar Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Nurhayati Ali Assegaf, Selasa, (3/9/2019).

Nurhayati yang juga merupakan Chair WPFSD mengatakan Inklusi keuangan dan sosial dipilih menjadi tema pokok WPFSD tahun ini karena kedua hal tersebut memilik peran penting dalam upaya pengentasan kemiskinan dan pemerataan pembangunan di segala bidang.

Baca: Modus Bayar Utang Rp 30 Juta, Saiful Malah Merudapaksa dan Lucuti Harta Wanita Muda Ini

Baca: Permintaan Pangeran Harry Kepada Ayahnya Terhadap Jasad Putri Diana

Baca: Cerita Horor KKN di Desa Penari, Benarkah Ini Foto Bima yang Tewas? Sang Penulis Langsung Bereaksi

"Selan itu, DPR juga menekankan pentingnya kerja sama multisektoral dalam pencapaian TPB, salah satunya yaitu dengan mewujudkan kolaborasi dan sinergi yang efektif antara pemangku kebijakan, akademisi, pelaku usaha, serta masyarakat," katanya.

Forum yang akan dibuka oleh Ketua DPR Bambang Soesatyo ini juga akan membahas beberapa topik diskusi antara lain: peran infrastruktur dan inovasi industri dalam mendukung peluang pembangunan yang merata, bagaimana memastikan akses warga pedesaan terhadap suplai air dan sanitasi yang bersih dan sehat, serta pentingnya memperkuat kerja sama dalam mendukung keuangan inklusif.

Forum yang diinisiasi pertama kali oleh DPR RI pada tahun 2017 ini juga akan dihadiri oleh perwakilan organisasi internasional dari berbagai negara di dunia, antara lain Ketua Parlemen Portugal, Gambia, Timor Leste, Arab Saudi, dan Presiden Inter-Parliamentary Union (IPU) Gabriella Cuevas Barron.

BERITA REKOMENDASI
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas